Jogja
Jumat, 27 Maret 2015 - 02:20 WIB

Ada Rumah Tempe Indonesia di Sleman

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - tempe (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Ada rumah tempe indonesia di Sleman. Tempat ini baru saja diresmikan Bupati Sleman Sri Purnomo

Harianjogja.com, SLEMAN-Bupati Sleman, Sri Purnomo meresmikan Rumah Tempe Indonesia (RTI) di Dusun Krandon, Desa Sidomulyo, Godean, Sleman, Kamis (26/3/2015).

Advertisement

Dia berharap, RTI yang dikelola Primer Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Primkopti) itu bisa menjadi pioner pembuatan tempe yang higienis dan memenuhi standar kesehatan pangan.

Sri Purnomo ingin seluruh anggota Primkopti bekerja keras memproduksi tempe berkualitas.

“Kenyataannya, masih banyak produksi tempe yang tidak memenuhi standar. Misalnya tidak memperhatikan kebersihan saat proses pembuatan dan bagaimana pembuangan limbahnya,” ucapnya dalam rilis Humas Sleman, Kamis (26/3/2015).

Advertisement

Ketua Primkopti Sleman, Yulianto mengungkapkan, RTI di Godean adalah yang keempat di Indonesia. Sebelumnya, RTI sudah dibangun di Bogor, Jakarta, dan Gunung Kidul.

“Kapasitas produksinya saat ini hanya 30 kilogram (kg) per hari. Nantinya akan kami tingkatkan hingga mencapai lima kuintal per hari,” kata Yulianto.

Yulianto menjelaskan, prosedur pembuatan tempe di RTI memang memiliki standar tersendiri. Tempe yang dihasilkan diklaim lebih unggul, baik dari segi kesehatan, rasa, maupun daya tahan. “Tempenya tidak cepat busuk dan jika digoreng tidak membuat minyaknya cepat keruh,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif