News
Kamis, 26 Maret 2015 - 16:30 WIB

WNI DITANGKAP DI SURIAH : Tiba di Indonesia, 16 WNI Tak Mesti Ditahan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bendera Turki (wikipedia.org)

WNI ditangkap di Suriah akhirnya dipulangkan ke Indonesia. Jika sudah tiba, tak semuanya akan ditahan.

Solopos.com, JAKARTA — Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol. Rikwanto mengatakan pihaknya tidak akan menahan seluruh 12 warga negara Indonesia (WNI) yang akan dipulangkan ke Tanah Air setelah ditahan di Turki.

Advertisement

“Akan dipilah-pilah, tidak semua ditahan. Apakah karena kesadaran sendiri [ke Suriah], apakah karena brain washing, atau ikut keluarga,” katanya di Gedung Humas Polri, Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Karena alasan tersebut, pihaknya akan menelaah mulai dari peran hingga persentase pemahaman mereka terkait keterlibatan dalam jaringan ISIS. “Jadi ada yang ikut keluarga. Mereka tidak bisa dianggap teroris,” katanya.

Diwartakan sebelumnya, pihak otoritas keamanan Turki menahan sebanyak 16 WNI saat hendak menyebrang dari Turki ke Suriah. Mereka ditangkap di perbatasan dan diduga akan bergabung dengan kelompok ISIS.

Advertisement

Pemerintah pun Indonesia berupaya memulangkan 16 WNI itu. Diketahui hanya 12 WNI yang dapat dipulangkan, sedangkan empat lainnya tidak diperkenankan pulang lantaran tengah hamil.

Saat tiba di Tanah Air, mereka akan diperiksa dokumen keimigrasiannya oleh pihak imigrasi. Selanjutnya, kepolisian akan menyelidiki dugaan keterlibatan mereka dalam jaringan ISIS.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif