Lifestyle
Kamis, 26 Maret 2015 - 08:00 WIB

SEJARAH COCA COLA : Dari Dijual Per Gelas hingga Per Botol

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Coca-Cola (mastergormedia.hum.uv.an)

Sejarah Coca Cola ini mengulas tentang perjalanan produk minuman ini hingga bisa mendunia.

Solopos.com, SOLO — Salah satu merek minuman berkarbonasi, Coca Cola, memiliki sejarah panjang hingga mampu menjadi merek minuman terkenal di dunia.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari Iloveindia, Minggu (22/3/2015), tercatat dalam sejarah perjalanan Coca Cola, awalnya minuman berkarbonasi atau bersoda tersebut diperkenalkan oleh seorang ahli farmasi, John Styth Pemberton, di Jacob’s Pharmacy, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Sejarah mencatat, Coca Cola atau yang biasa disebut Coke tersebut, untuk kali pertama dijual pada 8 Mei 1886. Penjualan Coke pun tidak dalam kemasan botolan, namun dalam kemasan gelas. Pembeli bisa mendapatkan segelas Coke dengan harga lima sen. Saat itu, Coca Cola ditempatkan dalam sebuah dispenser.

Asal Usul Nama Coca Cola
Saat Coca Cola dibuat pada Mei 1886, miuman bersoda tersebut, memakan biaya produksi sekitar US$ 20, sementara harga jualnya sangat murah, yaitu lima sen. Hal ini menyebabkan kerugian produksi.

Advertisement

Sehubungan dengan kerugian tersebut, sahabat Pamberton, seorang akuntan, Frank M Robinson, berpendapat agar memberi label pada minuman berkarbonasi racikan John dengan nama Coca Cola. Menurut Robinson, huruf “C” memiliki daya tarik kuat dalam dunia periklanan.

Fungsi Awal Produksi Coca Cola
Fungsi awal minuman berkarbonasi Coca Cola bukan sekadar untuk minuman penghilang dahaga, namun lebih untuk pengobatan.

Pamberton meracik Coca Cola sebagai obat untuk penyakit dispepsia, neurasthenia, sakit kepala, impotensi, bahkan untuk sarana penyembuh bagi pencandu morfin.

Advertisement

Kebangkitan Coca Cola
Sadar dengan persaingan pasar yang ketat, pada 1888, Pamberton menjual hak formula minuman bersodanya kepada empat pengusaha, yaitu JC Mayfield, AO Murphey, C.O. Mullahy dan E.H. Bloodworth.

Adalah Asa Griggs Candler, pengusaha pembeli hak eksklusif formula Coca Cola dari Pamberton, yang kemudian membuat inovasi dalam pemasaran Coca Cola. Tepat pada 12 Maret 1894, Coca Cola dijual dalam kemasan botol kaca.

Tidak hanya membuat inovasi dalam hal kemasan Coca Cola yang lebih praktis, Candler juga berupaya mendekatkan Coca Cola kepada publik dalam berbagai wujud, seperti kipas, kalender, dan jam.

Strategi pemasaran yang dilakukan Candler terbukti sukses. Kini, Coca Cola menjadi salah satu merek minuman bersoda yang mendunia.

Advertisement
Kata Kunci : Coca-cola
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif