Sport
Kamis, 26 Maret 2015 - 00:25 WIB

SANKSI PEMAIN : Ronaldo Terancam Sanksi

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo terancam sanksi karena gestur selebrasinya dinilai provokatif. JIBI/Reuters/dok

Sanksi pemain bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo kemungkinan akan dijatuhkan oleh liga sepak bola Spanyol.

Solopos.com, MADRID–Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dibayangi sanksi larangan bermain gara-gara berselebrasi saat mencetak gol dalam laga El Clasico yang berakhir dengan kekalahan 1-2 dari Barcelona di Camp Nou, Senin (23/3/2015) dini hari WIB.

Advertisement

Peraih gelar Ballon d’Or 2015 itu menunjukkan gestur yang dinilai provokatif seusai mencetak gol semata wayang untuk Madrid pada menit ke-31’. Ronaldo merayakan gol penyeimbang itu dengan gerakan seolah sedang menenangkan para suporter tim tuan rumah yang lebih dulu unggul 0-1 lewat tendangan Jeremy Mathieu.

Presiden liga sepak bola profesional Spanyol (LFP), Javier Tebas, menilai perlu menjatuhkan sanksi kepada Ronaldo atas perilaku yang dia tunjukkan di laga El Clasico. “Kami harus berhati-hati dengan gestur provokatif yang ditunjukkan pemain saat mencetak gol atau dengan provokasi lain serta perilaku yang bisa memicu kekerasaan di antara penonton,” ujar dia, seperti dilansir Soccerway, Rabu (25/3).

“Ini [selebrasi Ronaldo] pasti disanksi, dari membayar denda hingga larangan bermain. Kami akan meninjau lagi persoalan ini,” imbuh Tebas.

Advertisement

Kematian salah seorang fans Deportivo La Coruna dalam kericuhan sebelum pertandingan Liga Primera, November lalu, LFP semakin serius memantau setiap aksi pemain atau suporter yang bisa memicu provokasi. Baik Madrid dan Barcelona juga telah dijatuhi hukuman dalam beberapa pekan terakhir karena cacian para fans mereka kepada Ronaldo dan Lionel Messi.

Sebenarnya, ini bukan kali pertamanya Ronaldo mencetak gol di Camp Nou. Namun, perayaan golnya di laga El Clasico kali ini sukses membuat para fans Blaugrana, julukan Barcelona, marah.

Kapten Tim Nasional Portugal itu juga selalu menjadi sasaran makian para fans tim lawan. Dia juga pernah dikritik keras karena merobek kaus saat merayakan gol lewat tendangan penalti dalam kemenangan Madrid atas Atletico Madrid di final Liga Champions musim lalu.

Advertisement

Kekalahan di laga El Clasico membuat Madrid tertinggal empat poin dari Barcelona yang menduduki puncak klasemen sementara. Jika LFP menjatuhkan sanksi larangan bermain kepada Ronaldo, skuat berjuluk Los Blancos itu tentu harus bekerja ekstra keras di laga Liga Primera selanjutnya melawan Granada, 5 April nanti. Apalagi, bomber Madrid, Gareth Bale, sedang menuai kritik keras karena mandul dalam beberapa laga terakhir. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif