News
Rabu, 25 Maret 2015 - 16:20 WIB

UN ONLINE 2015 : 7 Sekolah Positif Gelar UN Online

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Teknisi (kiri) membetulkan jaringan Internet saat sosialisasi UN CBT di SMK Negeri 3 Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (24/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

UN Online 2015 positif digelar di 7 sekolah di Gunungkidul.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Ada tujuh sekolah di wilayah Gunungkidul yang akan melaksanakan ujian nasional (UN) Online tahun ini.

Advertisement

Sebelumnya, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul mengajukan sembilan sekolah untuk menjalankan UN Online. Namun hasil verifikasi memutuskan hanya tujuh sekolah yang layak. Keputusan diterima Dinas pada Selasa (24/3/2015). Sekretaris Disdikpora Gunungkidul Bahron Rosyid mengungkapkan, selama verifikasi, petugas dari Kementerian Pendidikan sudah memiliki patokan yang digunakan. Hasil verifikasi menyebutkan ada dua sekolah yang tidak masuk kriteria.

“Hasilnya baru saja kami dapatkan. Ada tujuh sekolah yang lolos verifikasi,” ungkap dia kepada Harianjogja.com.

Tujuh sekolah yang lolos verifikasi yakni SMKN 1 Wonosari, SMKN 2 Wonosari, SMKN 3 Wonosari, SMAN 1
Wonosari, SMKN 1 Nglipar, SMKN 1 Ngawen, dan SMK Muhammadiyah 1 Playen. Sementara, sekolah yang tidak lolos verifikasi yakni SMAN 2 Wonosari dan SMAN 1 Karangmojo.

Advertisement

“Saya mengimbau agar sekolah yang ditunjuk benar-benar mempersiapkan UN online atau Computer Based Test [CBT]. Sedangkan, sekolah yang tidak ditunjuk juga mempersiapkan muridnya untuk menghadapi UN,”ungkap dia.

Bahron mengungkapkan nanti akan ada pelatihan dari Kementerian bagi teknisi yang menangani UN Online. Namun, hingga kini ia belum mendapatkan jadwal pelatihan tersebut. Setiap sekolah yang ditunjuk dapat meneruskan uji coba UN Online yang dilakukan. Menurut dia, setiap sekolah sudah mendapatkan contoh soal UN Online.

“Setiap siswa harus mendapatkan pengarahan teknis mengerjakan soal. Selain itu, kondisi komputer harus
diperhatikan,” imbuh dia.

Advertisement

Disdikpora, kata dia, tidak akan mengadakan try out untuk UN Online karena materi yang diujikan sama dengan sekolah lain. Try out untuk semua sekolah pun sudah sering diadakan.

“Untuk UN Online, simulasi kami serahkan kepada sekolah yang bersangkutan,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif