Sport
Rabu, 25 Maret 2015 - 06:25 WIB

UJI COBA JERMAN VS AUSTRALIA : Juara Asia Jajal Keampuhan Juara Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Uji coba Jerman vs Australia akan menjadi ujian besar Australia sebagai juara Asia.

Solopos.com, KAISERSLAUTERN— Timnas Australia akan turun ke lapangan untuk kali pertama sejak menyandang predikat juara Piala Asia 2015. Lawan tim berjuluk Socceroos pun tak main-main, yakni juara dunia Jerman.

Advertisement

Bentrok yang mempertemukan juara dunia dengan juara Asia tersebut akan digelar dalam balutan uji coba di Stadion Fritz Walter, Kaiserslautern, Kamis (26/3/2015) dini hari WIB.  Meski bertajuk duel persahabatan, sebagai tim penguasa Asia, Socceroos tentu tak mau kehilangan muka di hadapan anak asuh Joachim Loew.

Di pengujung Januari lalu, Australia menahbiskan diri sebagai kampiun Piala Asia dengan menekuk Korea Selatan dengan skor 2-1 lewat babak extra time di partai final. Meski demikian, pertandingan di Fritz Walter akan menjadi ujian besar bagi anak asuh Ange Postecoglou.

Advertisement

Di pengujung Januari lalu, Australia menahbiskan diri sebagai kampiun Piala Asia dengan menekuk Korea Selatan dengan skor 2-1 lewat babak extra time di partai final. Meski demikian, pertandingan di Fritz Walter akan menjadi ujian besar bagi anak asuh Ange Postecoglou.

Di atas kertas, Jerman berada jauh di atas Australia. Tim berjuluk Der Panzer yang menobatkan diri sebagai jawara Piala Dunia 2014 di Brasil tersebut kini menduduki peringkat pertama FIFA. Sementara Australia berada 64 tangga di bawah Jerman, alias peringkat ke-65.

Tapi, Jerman tidak mau meremehkan lawan mereka. Loew berencana menurunkan tim terbaiknya saat melawan Austalia, untuk persiapan melawan Georgia pada kualifikasi Euro 2016 empat hari kemudian.

Advertisement

Sejak menjadi kampiun di Brasil, performa Jerman masih inkonsisten. Di kualifikasi Grup D, Jerman tertinggal tiga poin di belakang Polandia. Der Panzer bertengger di peringkat kedua hanya karena unggul selisih gol dari dua tim terbawah mereka, Skotlandia dan Republik Irlandia.

Para pemain Jerman juga harus mengatasi rasa kelelahan mereka. Akhir pekan lalu, sebagian besar anak asuh Loew masih berjibaku dengan klub masing-masing. Namun, hanya kurang sekitar tiga hari mereka harus kembali turun membela negara.

“Perubahan sistem memerlukan waktu untuk belajar di sesi latihan. Dengan timnas, ini tentu sangat sulit bagi pemain untuk fokus hanya dalam waktu pendek,” beber Commercial Manager Timnas Jerman, Olivier Bierhoff, seperti dilansir dw.de, Selasa (24/3/2015).

Advertisement

Sementara itu, Australia tidak bisa menurunkan sejumlah pemain bintang yakni penyerang Tim Cahill yang dibekap cedera tendon Achilles dan bek Matthew Spiranovic yang menderita cedera hamstring. Gelandang Swindon Town, Massimo Luongo, yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik di Piala Asia 2015, serta striker Western Sydney Wanderers, Tomi Juric, juga dihantui cedera. Hal itu membuat para pemain seperti Bailey Wright, Aaron Mooy, dan Nathan Burns berpeluang bermain sejak awal.

“Kami bermain sangat bagus di Piala Asia. Kami bermain dengan sepak bola terkini dan kami ingin membuktikan gaya bermain kami dengan melawan tim terbaik, seperti memberi semangat bagi para pemain,” beber Postecoglou, dilansir The Sydney Morning Herald.

Kali terakhir kedua tim dipertemukan pada Maret 2011. Saat itu, Socceroos membuat kejutan dengan menaklukkan Jerman 2-1 di Monchengladbach. Stadion Fritz Walter pun bukan tempat asing bagi tim asal Negeri Kanguru itu. Di sanalah mereka meraih salah satu kemenangan bersejarah, yakni menundukkan Jepang 3-1 di Piala Dunia 2006. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
JERMAN VS AUSTRALIA
• Kick Off: Kamis (26/3) Pukul 02.30 WIB
• Stadion: Fritz Walter (Kaiserslautern)
 
Jerman (4-2-3-1)
– Pelatih: Joachim Low (Jerman)
– Pemain: Zieler, Howedes, Mustafi, Badstuber, Rudy, Schweinsteiger, Kroos
Gundogan, Reus, Schurrle, Kruse
 
Australia (4-4-2)
– Pelatih: Ange Postecoglou (Australia)
– Pemain: Ryan, Wright, Franjic, Wilkinson, Davidson, Jedinak, McKay, Luongo, Mooy, Leckie, Burns
 
Sumber: Sport Mole. (hkt/JIBI)

Advertisement

Timnas Australia merayakan kemenangan sebagai juara Asia 2015. Mereka akan menantang Jerman. Ist/Dok

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif