News
Rabu, 25 Maret 2015 - 11:15 WIB

PESAWAT JATUH : Kotak Hitam Germanwings Ditemukan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polisi Prancis berupaya membuat jalan di sekitar puing-puing pesawat Airbus A320 milik maskapai Germanwings yang jatuh di pegunungan Alpen, dekat Seyne-les-Alpes, Prancis, Selasa (24/3/3015). 150 Penumpang pesawat itu dinyatakan tewas. (JIBI/Solopos/Reuters via Reuters TV/Pool)

Pesawat jatuh di Pegunungan Alpen Prancis dan diyakini menewaskan 150 penumpang. KOtak hitam pesawat milik Germanwings itu ditemukan.

Solopos.com, PARIS – Kotak hitam Pesawat Germanwings dengan Nomor Penerbangan 4U9525 yang jatuh di Pegunungan Alpen Prancis telah ditemukan. Kotak hitam tersebut diserahkan kepada pihak terkait untuk diselidiki.

Advertisement

“Kotak hitam itu akan dianalisis dalam beberapa jam ke depan untuk memungkinkan penyelidikan cepat,” kata Menteri Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve, yang berada di lokasi kecelakaan pesawat Germanwings Cazeneuve, sebagaimana dikutip Xinhua dari BMFTV, Rabu (25/3/2015).

Ia menambahkan berbagai tindakan telah dilakukan untuk menyiapkan zona kecelakaan bagi penyelidikan sehingga proses tersebut dalam berlangsung dalam kondisi terbaik.

Sementara itu, penyelidikan gabungan oleh Prancis, Jerman dan Spanyol dimulai guna mengetahui penyebab kecelakaan tragis itu.

Advertisement

Tujuh penyelidik dari Biro Penyelidikan dan Analisis Prancis bagi Keselatan Penerbangan Sipil (BEA), yang didampingi oleh penasehat teknis dari Airbus dan CFM International, mengunjungi lokasi kecelakaan.

“Satu tim yang terdiri atas tiga penyelidik dari BFU [Bundesstelle fur Flugunfalluntersuchung] dan timpalan mereka dari BEA Jerman direncanakan bergabung dengan tim Prancis itu,” kata BEA di dalam satu pernyataan.

Satu tim penasehat teknis Airbus direncanakan dikirim untuk memberi bantuan penuh bagi BEA Prancis yang bertugas melakukan penyelidikan, kata perusahaan pembuat pesawat Eropa tersebut.

Advertisement

Seperti diberitakan, pesawat Airbus 320 milik perusahaan Germanwings dengan 150 penumpang jatuh di Prancis Selatan pada Selasa (24/3/2015), saat dalam penerbangan dari Barcelona menuju Duesseldorf.

Menurut dugaan, tak ada penyintas dalam kecelakaan itu.

Pesawat tersebut dijadwalkan tiba di Dusseldorf pada pukul 11.35 waktu setempat (17.35 WIB), tapi mulai turun satu menit setelah mencapai ketinggian 38.000 kaki pada pukul 10.45 waktu setempat.

Pesawat itu dikirim ke perusahaan penerbangan Lufthansa dari tempat produksi Airbus pada 1991 dan dialihkan ke Germanwings pada 2014. Menurut laporan media, pesawat itu adalah salah satu pesawat paling tua dalam armada Germanwings.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif