Jogja
Rabu, 25 Maret 2015 - 17:40 WIB

Angin Kencang di Kulonprogo, Belasan Rumah Tertimpa Pohon

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah tiang listrik di Girimulyo ambruk akibat hujan deras dan angin kencang terjadi Selasa (24/3/2015) sore. (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Angin Kencang di Kulonprogo menyebabkan belasan rumah tertimpa pohon

Harianjogja.com,  KULONPROGO– Akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kecamatan Nanggulan, belasan rumah tertimpa pohon.

Advertisement

Kejadian alam yang terjadi pada Selasa (24/3/2015) sore tersebut juga menyebabkan beberapa tiang listrik di Desa Giripurwo, Girimulyo roboh.

Beberapa pohon berukuran besar tumbang. Salah satu pohon, bahkan menimpa rumah milik Wagiyo, 50, warga Dusun Tawang, Desa Banyuroto. Sejumlah pohon di sekitar rumahnya juga tampak banyak yang tumbang.

Wagiyo mengungkapkan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu hujan turun dengan sangat deras diikuti hembusan angin kencang. Sebuah pohon jati setinggi lebih dari 15 meter dan lebar 40 sentimeter tumbang dan menimpa rumah Ketua RT tersebut.

Advertisement

“Sore itu hujannya deras dan anginnya kencang seperti lesus. Anginnya memutar lalu tiba-tiba saya dengar suara pohon tumbang dan mengenai dapur. Kebetulan pohonnya jatuh mengenai atap bagian kamar mandi. Saat itu istri saya jugsa sedang mandi dan sempat terluka karena kejatuhan genteng,” ungkap Wagiyo saat ditemui Rabu (25/3).

Pohon tumbang juga menimpa rumah milik Sastrowiyono, 70, di Dusun Sambiroto masih di desa yang sama. Pohon kelapa menimpa atap ruang penyimpanan beras dan membuat hasil panen yang baru disimpan rusak karena terkena air hujan.

Camat Nanggulan Jazil Ambar Was’an mengungkapkan, dalam satu hari, terdapat beberapa titik kejadian pohon tumbang, di antaranya di Desa Banyuroto dan Desa Wijimulyo.

Advertisement

Dia mengatakan, selama ini wilayah Nanggulan memang cukup rawan kejadian alam angin kencang. Banyaknya pepohonan yang mudah dihempas angin menjadikan sebagian besar wilayah ini rawan kasus pohon tumbang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif