Otomotif
Selasa, 24 Maret 2015 - 11:15 WIB

SERBA LIMA : Inilah 5 Motor Klasik Termahal di Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - BMW Type 255 Kompressor (Myinfopie.com)

Serba lima kali ini datang dari jajaran sepeda motor lansiran lawas yang dijual dengan harga selangit. Umumnya motor itu hanya dimiliki oleh kolektor barang antik atau dijumpai di museum.

Solopos.com, SOLO – Sepeda motor modern tentu menjadi pilihan banyak orang karena dukungan suku cadang dan bengkel servis yang memadai. Namun tahukah Anda bahwa sejumlah sepeda motor klasik yang sudah tak diproduksi ini justru memiliki harga sangat mahal?

Advertisement

Sejak awal ditemukannya sepeda motor hingga akhirnya berkembang hingga saat ini, garis desain dan mesin yang digunakan telah mengalami banyak perubahan. Kendati demikian, sepeda motor lansiran lawas yang termasuk cikal bakal sepeda motor modern malah banyak diburu para kolektor. Akibatnya, harganya pun melambung tinggi.

Seperti dikutip Solopos.com dari laman Myinfopie, Sabtu (21/3/2015), berikut ini adalah lima sepeda motor klasik dengan harga termahal di dunia.

– Brough Superior SS100 1939
Sepeda motor klasik Brough Superior SS100 merupakan salah satu kendaraan fenomenal di Inggris sekitar 1939. George Brough, ahli otomotif di Nottingham, sebenarnya telah menciptakan Superior SS100 pada 1924. Tak seperti kendaraan yang diproduksi secara massal, kendaraan ciptaan George baru dibuat ketika ada pesanan.

Advertisement

Brough Superior SS100. (Myinfopie.com)

Uniknya, George juga dapat membuat Superior SS100 sesuai selera pemesannya. Meski demikian, tetap ada desain dasar yang sama pada setiap kendaraan ciptaannya tersebut. Saking terkenalnya, Superior SS100 bahkan dijuluki oleh sebuah koran otomotif di sana sebagai Rolls Royce–merek mobil khusus keluarga kerajaan Inggris–nya roda dua.

Tahun 1939, George mendirikan sebuah pabrik dan Brough Superior SS100 pun mulai diproduksi secara massal. Dari segi desain, tampak kendaraan itu memiliki lampu depan bulat, dua buah knalpot serta jok sepeda kumbang. Meski sederhana, kecepatan kendaraan itu dapat mencapai 160 km/jam. Superior SS100 juga menjadi sepeda motor pertama yang diproduksi dengan suku cadang yang berasal dari pabrikan berbeda-beda.

Saat ini kendaraan itu hanya dapat dijumpai di beberapa museum di Inggris. Salah seorang kolektor yang mengaku memiliki sebuah Brough Superior SS100 juga sempat menawarkan sepeda motor klasik itu seharga US$300.000 atau sekitar Rp3,6 miliar.

Advertisement

– Harley Davidson Strap Tank 1904

Harley Davidson Strap Tank. (Myinfopie.com)

Sepeda motor antik termahal keempat adalah Harley Davidson (HD) Strap Tank. William S Harley dan Arthur Davidson bereksperimen dengan mesin pembakaran sekitar 1890-an. Setelah berhasil dengan uji coba mesin 400 cc dan 475 cc, mereka pun memulai produksi pertama HD pada 1904.

Jadi dapat dikatakan, HD Strap Tank merupakan sepeda motor pertama produksi raksasa otomotif Amerika Serikat itu. Kendaraan itulah yang kemudian dikembangkan menjadi sepeda motor HD bermesin silinder tunggal hingga saat ini.

Advertisement

Masih kental dengan wujud sepeda kumbang dengan rangka tanpa suspensi, saat ini sepeda motor klasik itu dijual dengan harga US$352.000 atau sekitar Rp4,2 miliar. Kendaraan lawas itu dapat dijumpai di Harley Davidson’s Museum di Milwaukee, Amerika Serikat.

– BMW Type 225 Kompressor 1939
BMW Type 225 Kompressor merupakan salah satu master piece raksasa otomotif yang kini terkenal dengan produk mobil mewahnya itu. Kendati demikian, tak ada riwayat awal yang jelas mengenai salah satu motor supercharged besutan pabrikan asal Jerman itu.

Kendaraan klasik itu mulai dikenal dunia setelah Georg Meier, pembalap Jerman, memenangkan kejuaraan balap motor Senior Tourist Trophy di IOMTT pada 1939. Meier memenangi balapan itu dengan BMW Type 225 Kompressor yang dipacu pada kecepatan rata-rata 140 km/jam dengan catatan waktu dua jam, 57 menit dan 19 detik. Hanya terpaut dua detik, posisi kedua diduduki oleh rekan satu timnya, Jock West, yang menggunakan kendaraan yang sama.

Sekitar 2010 ada seorang kolektor barang antik yang melelang BMW Type 225 Kompressor itu seharga US$400.000 atau sekitar Rp4,8 miliar.

Advertisement

– Minnesotta Cyclone 1915
Mungkin tak banyak yang kenal dengan perusahaan otomotif Minnesotta Joerns Motor Company. Wajar saja, karena perusahaan asal Amerika Serikat itu hanya berdiri kurang dari 50 tahun dan kepopulerannya pun kalah dengan Harley Davidson.

Minnesotta Cyclone. (Myinfopie.com)

Meski kiprahnya tak lama, perusahaan itu berhasil menciptakan kendaraan yang menjadi legenda hingga saat ini, yakni Minnesotta Cyclone. Kendaraan itu disebut-sebut sebagai cikal bakal sepeda motor bermesin V-Twin. Kedahsyatan Cyclone dan mesin itu pun sempat mereka buktikan dengan menjuarai kejuaraan balap motor sekitar 1910-an hingga 1930-an.

Karena keunikan serta jumlah produksi yang terbatas itulah, sepeda motor klasik itu dijual dengan harga selangit. Seorang kolektor sempat menawarkan kendaraan drag bike itu dengan harga mencapai US$520.000 atau setara Rp6,2 miliar.

– Winchester 1915

Winchester. (Myinfopie.com)

Advertisement

Setelah melihat Superior SS100, HD Strap Tank, BMW Type 225 dan Cyclone, gelar sepeda motor antik termahal di dunia dipegang oleh Winchester. Diambil dari nama pabrik senjata api di Inggris, Winchester dibuat dengan harapan dapat melesat cepat seperti peluru yang ditembakkan.

Benar saja, nama Winchester pun mulai mencuat setelah berhasil mengalahkan Minnesoota Cyclone dalam salah satu ajang balap motor dunia, Boardtrack Racer. Kendati demikian, nasibnya tak jauh berbeda dari Cyclone. Winchester hanya diproduksi selama dua tahun, yakni 1909 hingga 1911, dengan jumlah kurang dari 100 unit.

Dari jumlah tersebut, tercatat hanya 5 unit yang masih terawat tersebar di seluruh dunia. Tak heran, kendaraan bermesin silinder tunggal bertenaga 6 hp itu kini dibanderol US$580.000 atau sekitar Rp6,9 miliar. Harga tersebut cukup untuk menebus sebuah mobil Lamborghini Aventador tercanggih.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif