Otomotif
Selasa, 24 Maret 2015 - 18:45 WIB

SEPEDA MOTOR SUZUKI : Jajal Satria FU Spesifikasi SIC, Gear Ratio Terlalu Panjang

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suzuki Satria FU versi SIC (Tmcblog.com)

Sepeda motor Suzuki Satria FU khusus balapan Suzuki Indonesia Challenge memiliki handling yang apik namun gear ratio terlalu panjang.

Solopos.com, SENTUL – Suzuki menyediakan ratusan unit sepeda motor Suzuki Satria FU khusus untuk ditunggangi para pengendara motor (rider) peserta pertandingan balap motor Suzuki Indonesia Challenge (SIC). Lantas seperti apa performanya?

Advertisement

Balap motor SIC memasuki babak grand final , Minggu (22/3/2015) di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dalam perlombaan itu, seluruh rider menggunakan sepeda motor Suzuki Satria FU yang telah disediakan oleh pihak panitia SIC. Kabarnya, performanya jauh berbeda dengan Satria FU yang dijual di diler.

Dikutip Solopos.com dari TMCBlog, Senin (23/2/2015), Satria FU SIC diberi setelan khusus untuk melibas lintasan di Sirkuit Sentul. Hal itu terbukti dengan gear ratio yang terbilang sangat panjang.

Memasuki tikungan pertama, Temy Himawan selaku tester rider TMCBlog, yang saat itu menggunakan Satria FU SIC mengaku ban terasa sedikit oleng. Ia menduga hal tersebut merupakan akibat dari kondisi trek yang basah setelah diguyur hujan.

Advertisement

“Masih pemanasan, ban agak ogleg-ogleg apalagi aspal Sentul sendiri sedikit bumpy dan kasar apalagi sebagian masih lembab bekas hujan,” ungkap Temy.

Melibas trek lurus dengan kecepatan di atas 100 km/jam, Temy menyebut handling kendaraan underbone 150 cc itu cukup stabil dan tidak “melayang” seperti pada versi komersilnya. Masih di trek yang sama, ia menyadari bahwa gear ratio Satria FU SIC terlalu panjang. Dengan torsi penuh, sepanjang trek lurus itu gir efektif yang dapat digunakan mentok hingga gir kelima.

Dalam trek lurus itu, Temy mencatat top speed Satria FU SIC mampu tembus hingga 150 km/jam. Namun perlu dicatat, kecepatan itu merupakan versi aplikasi race logic dengan berat badan rider sekitar 75 kg.

Advertisement

Gir keenam sebenarnya juga sempat ia gunakan, namun waktunya sangat singkat dan telah memasuki titik 100 meter sebelum braking point sebelum memasuki tikungan. Sehingga Temy harus melakukan gear switch down lagi untuk masuk ke gir pertama.

Ketika mencoba menggunakan gir keenam dengan teknik close gear dari gir kelima, tenaga Satria FU SIC langsung drop. Hal itu semakin menguatkan dugaan bahwa gear ratio terutama gir kelima memang terlalu panjang.

Seperti dilansir laman Metrotvnews, Minggu (22/3/2015), ajang balap motor SIC dengan sepeda motor Suzuki Satria FU dimengangi oleh Adhi Chandra, Dedy Kumohon dan Andreas Gunawan. Mereka bertiga juga akan berkesempatan mewakili Indonesia dalam ajang Suzuki Asia Challenge (SAC).

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif