Teknologi
Selasa, 24 Maret 2015 - 23:41 WIB

SEJARAH PONSEL: Samsung Pembuat Ponsel Bertenaga Surya Pertama

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Samsung Guru E1107 (Cellphonebeat.com)

Sejarah ponsel mencatatkan beberapa bukti menarik. Salah satunya adalah ponsel bertenaga surya besutan Samsung.

Solopos.com, SOLO – Samsung merupakan vendor ponsel ternama. Perusahaan asal Korea Selatan itu telah tercatat dalam sejarah teknologi telepon seluler sebagai vendor yang telah meluncurkan ponsel mulai dari kelas bawah sampai atas.

Advertisement

Namun, tahukah Anda, Samsung juga membuat ponsel canggih bertenaga surya? Seperti dilansir Phone Arena, Minggu (22/3/2015), Samsung membuat ponsel bertenaga surya pertama di dunia pada 2009 lalu. Ponsel itu adalah Samsung Guru E1107.

Samsung Guru E1107 memiliki fitur sel tenaga surya yang dibangun di bagian belakang ponsel. Ketika terkena sinar matahari, sel surya tersebut akan dengan sendirinya mengisi baterai ponsel. Namun ponsel tersebut juga tetap bisa diisi menggunakan listrik.

Sel surya yang terbenam di Samsung Guru E1107 membutuhkan waktu satu jam untuk menyerap sinar matahari. Namun, setelah diisi menggunakan tenaga surya ponsel itu hanya bisa digunakan untuk panggilan telefon selama lima sampai 10 menit.

Advertisement

Samsung Guru E1107 ditujukan untuk konsumen yang berada di negara berkembang yang masih sering terjadi pemadaman listrik. Namun Samsung Guru E1107 bukanlah satu-satunya ponsel tenaga surya besutan Samsung. Perusahaan tersebut juga merilis Samsung Blue Earth yang memiliki sel surya untuk mengisi daya baterai.

Samsung Blue Earth juga diluncurkan pada 2009 lalu. Bedanya, Samung Blue Earth lebih tahan lama 10 menit dibandingkan Samsung Guru E1107 saat melakukan panggilan telepon. Selain itu Samsung Blue Earth juga memiliki fitur akses internet, Youtube dan jejaring sosial.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif