Soloraya
Selasa, 24 Maret 2015 - 03:10 WIB

PILKADA KLATEN : Jadwal Penjaringan Cabup dan Cawabup Koalisi Lima Partai Diundur

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada (Solopos-Dok.)

Pilkada Klaten 2015 diwarnai dengan permasalahan internal yang membuat Koalisi Lima Partai menunda penjaringan cabub.

Solopos.com, KLATEN – Munculnya permasalahan internal di salah satu partai membuat Koalisi Lima Partai menunda deklarasi penjaringan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) yang akan maju dalam Pilkada Klaten 2015. Deklarasi yang awalnya akan diadakan awal Maret diundur menjadi awal April 2015.

Advertisement

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Klaten, Darmadi, saat dihubungi Solopos.com, Senin (23/3/2015). Menurutnya, mundurnya deklarasi itu juga membuat penjaringan cabup dan cawabup yang akan maju ke Pilkada Klaten 2015 diundur dari rencana awal.

Meskipun Koalisi Lima Partai belum membuka penjaringan cabup dan cawabup, ia menyatakan sudah banyak orang yang berkonsultasi dan ingin mendaftarkan diri. Ia menyebut ada sekitar 10 orang yang menanyakan persyaratannya. Mereka berasal dari berbagai latar belakang di antaranya wiraswasta, pejabat yang akan pensiun, akademisi, dan bahkan cabup yang sudah mendaftar di partai lain.

“Banyak orang yang tanya ke kami tentang persyaratan jika ingin mendaftarkan diri menjadi cabup dan cawabup. Tapi, kami hanya menjawab secara normatif dan meminta mereka untuk menunggu setelah deklarasi,” katanya.

Advertisement

Koalisi Lima Partai berencana membuka penjaringan itu pada akhir Maret 2015 atau awal April 2015 saat deklarasi. Terkait persyaratan untuk penjaringan cabup dan cawabup, ia enggan menjelaskan secara perinci. Namun, koalisi lima partai berpegang pada aturan secara umum dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Selain itu, ada persyaratan khusus tetapi sifatnya internal.

Ia berharap penjaringan yang dibuka untuk umum itu bisa diikuti berbagai kalangan sehingga mendapatkan cabup dan cawabup yang bisa mengutamakan kepentingan masyarakat. “Kami membuka kesempatan untuk warga Klaten yang ingin mendaftarkan diri menjadi cabup dan cawabup. Tapi, kami tetap akan menyeleksi dengan ketat sehingga kami mendapatkan kandidat terbaik,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Koalisi Lima Partai berencana membuka penjaringan cabup dan cawabup pada pertengahan Maret 2015. Rencana itu diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Klaten, Anang Widayaka, dari hasil rapat dari lima pimpinan partai. Partai itu terdiri atas Partai Golkar, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) pada akhir Februari 2015 lalu.

Advertisement

 

 

Advertisement
Kata Kunci : Pilkada Klaten 2015
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif