Teknologi
Selasa, 24 Maret 2015 - 23:45 WIB

APLIKASI SMARTPHONE : Instagram Rilis Aplikasi Edit Kolase Foto

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Aplikasi Smartphone Layout yang memungkinkan pengguna melakukan editing kolase foto dirilis Instagram di platform IOS.

Solopos.com, NEW YORK – Aplikasi jejaring sosial Instagram memperkenalkan fitur baru perekayasa foto bernama “Layout”. Fitur ini dapat dipergunakan untuk merangkai sejumlah foto dalam satu bingkai.

Advertisement

Instagram baru merilis aplikasi ini di platform IOS. Dilansir PhoneArena, Selasa (24/3/2015), Layout terpisah dengan aplikasi Instagram.

Layout menawarkan cara baru membuat kolase dengan mengubah tahapannya. “Kebanyakan aplikasi memberikan grid kosong, baru diisikan foto. Padahal lebih penting memilih foto yang akan dibagi, baru membuatkan tata letaknya,” ujar, Product Designer Instagram, Joshua Dickens, seperti dilansir Tech Crunch, Selasa (24/3/2015).

Diulas Detik, Selasa (24/3/2015), di Layout, pengguna memang dipersilahkan terlebih dulu untuk memasukkan foto yang akan digunakan. Anda bisa memasukkan hingga sembilan foto sekaligus. Di bagian bawah, kita akan menemukan tiga tombol yakni All, Faces dan Recent. Saat Anda menekan Faces, seketika foto akan terseleksi. Hanya menyajikan foto yang menampilkan wajah saja. Membantu Anda jika ingin membuat foto ala Photo Bhooth.

Advertisement

Setelah memilih foto yang akan digunakan, seketika akan muncul tampilan pilihan tata letak di bagian atas. Kita bisa memilih tata letak yang diinginkan. Agar lebih terlihat jelas, Anda bisa menarik bagi tata letak ini ke bawah hingga ukurannya menjadi lebih besar.

Untuk dapat dikustomisasi, terlebih dulu pilih tata letak yang diinginkan. Setelah menekan pilihan, kita akan masuk ke layar pengeditan. Anda bisa memperbesar dan mengecilkan ukuran foto, memindahkan posisi dan susunan.

Di bagian bawah, Instagram menghadirkan tiga pilihan opsi yakni Replace, Mirror dan Flip. Replace digunakan untuk menganti foto dalam kolase. Mirror memberikan efek kaca (horizontal). Sementara Flip mirip Mirror hanya posisinya vertikal. Opsi ini tidak dapat digunakan secara bersamaan pada semua foto. Jadi harus dilakukan satu persatu.

Advertisement

Setelah selesai dikostomisasi tekan Save di pojok kanan atas. Kolase foto yang dibuat akan langsung tersimpan dalam ponsel. Bila ingin dibagi ke dunia maya, tersedia opsi Instagram, Facebook dan sejumlah aplikasi lain.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif