News
Selasa, 24 Maret 2015 - 13:15 WIB

AGENDA WAPRES : Urbanisasi Kian Marak, Ini Kata JK

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Istimewa/Dok)

Agenda Wapres meluncurkan Kota Cerdas Indonesia. Pada kesempatan itu, JK mengatakan urbanisasi akan semakin tinggi.

Solopos.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengatakan sebagian anggota keluarga di Pulau Jawa harus pergi ke kota untuk menyambung hidup karena wilayah perkotaan akan semakin besar dan lahan pertanian terbatas.

Advertisement

Wapres mengibaratkan setiap keluarga di pulau Jawa mempunyai lahan rata-rata 0,4 hektare hanya bisa cukup memenuhi kebutuhan hidup dua sampai tiga orang. Hal itulah yang membuat urbanisasi, perpindahan orang desa ke kota akan semakin besar.

“Kalau sekeluarga lima orang, maka dua harus pergi ke daerah industri, perdagangan dan jasa,” katanya dalam peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia di JCC Jakarta, Selasa (24/3/2015).

Alasan urbanisasi semakin tinggi, lanjut JK, kota selalu diasosiasikan kehidupan perdagangan industri dan jasa. Kemudian di desa pedalaman selalu digambarkan daerah pertanian atau usah kecil.

Advertisement

“Pengalaman selama ini jika pertanian berhasil atau tidak, warga desa tetap bergerak mencari kehidupan di kota makanya kota semakin padat,” beber dia.

Saat ini, lanjut JK, hubungan antara kota satu dengan yang lain sudah tersambung. Contoh paling dekat kota Jakarta dengan Bogor telah tersambung kota-kota kecil seperti Depok yang semakin berkembang. Oleh karena itu kota dituntut memberikan fungsi kehidupan yang lebih baik dan memberi banyak peluang pekerjaan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif