News
Senin, 23 Maret 2015 - 21:10 WIB

Organ Tubuh Mumi di Patung Budha Telah Dicuri

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Patung Buddha yang berisi mumi biksu tengah bermeditasi (Dailymail)

Mumi Budha yang ada di sebuah patung ternyata telah dicuri organ tubuhnya.

Solopos.com, SOLO –  Ahli Tiongkok mengklaim patung Budha yang di dalamnya terdapat mumi berusia ribuan tahun adalah hasil curian dari sebuah sebuah desa di Tiongkok sekitar 20 tahun lalu. Setelah beberapa ahli melakukan penyelidikan, organ tubuh mumi tersebut juga telah hilang dicuri.

Advertisement

Mumi di patung Budha itu ditemukan pada Februari 2015 lalu setelah pemilik patung menyerahkan patung yang dimilikinya ke musem di Belanda untuk dipamerkan. Menurut seorang ahli, Erik Bruijin, mumi yang ada pada patung Budha itu adalah biksu Zhang Liuquan yang dipercaya hidup sekitar 1.000 tahun lalu.

Hingga kini belum jelas bagaimana patung bernilai sejarah tinggi ini jatuh ke tangan kolektor Belanda. Pemilik yang hingga kini belum diketahui namanya itu membeli patung tersebut pada tahun 1996 dengan cara yang sah. Setelah tim peneliti dan ilmuwan melakukan berbagai penelitian dan CT scan untuk mendapatkan gambar mumi biksu tersebut, organ mumi tersebut ternyata sudah tak ada.

“Sebelumnya kami berpikir itu adalah paru-paru, namun kami menemukan satu kertas bertuliskan China,” ungkap Vincen van Vilsteren, seorang kurator arkeologi dari Museum Drents.

Advertisement

Dilansir Daily Mail, Senin (23/3/2015), mumifikasi diri sendiri merupakan sebuah tradisi yang banyak ditemukan di Jepang, Tiongkok dan Thailand. Untuk mencegah tubuh mereka dimakan belatung, mereka biasa meminum teh herbal. Cara ini dipercaya dapat mengawetkan tubuh selama ribuan tahun.

 

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif