Otomotif
Minggu, 22 Maret 2015 - 06:00 WIB

SEPEDA MOTOR TERBARU : Jajal Skutik Roda Tiga Piaggio, Begini Sensasinya!

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kemiringan roda depan Piaggio MP3 Yourban 300. (Istimewa/id.piaggio.com)

Sepeda motor terbaru Piaggio MP3 Yourban 300 hadir sebagai skutik modern dengan berbagai fitur canggih dan desain yang futuristik.

Solopos.com, JAKARTA – Kesan futuristik sangat terasa ketika mengendarai sepeda motor terbaru Piaggio MP3 Yourban 300. Skuter matik (skutik) roda tiga itu memiliki seabrek fitur canggih yang disempurnakan dengan mesin 300 cc.

Advertisement

Belum lama ini Piaggio Indonesia (PI) meluncurkan sepeda motor terbaru MP3 Yourban 300. Jika dibandingkan dengan skutik lain yang sudah beredar di Indonesia, desain skutik anyar Piaggio itu bakal mencuri perhatian dengan hadirnya dua roda di bagian depan dan satu roda di bagian belakang.

Yudi Riswanto selaku Training Manager PI memberi arahan mengenai fungsi dari fitur rem parkir (parking brake) dan hold assist system (HAS). Seperti dilansir laman Metrotvnews, Selasa (17/3/2015), dua fitur itu memungkinkan motor terparkir tanpa standar tengah, dan pengguna tak perlu menurunkan kaki ketika menunggu lampu merah.

“Untuk menonaktifkan fitur HAS, cukup geser tuas ke kanan atau kiri, bunyi beep dua kali berarti tidak aktif, bunyi beep sekali berarti aktif,” papar Yudi sambil menunjuk pada tuas disebelah kanan dekat grip gas. Sementara untuk parking brake, cukup tarik tuas ke atas untuk menonaktifkan.

Advertisement

Saat dikendarai, respon mesin Quasar 300 cc empat katup satu silindernya terbilang galak. Dengan klaim tenaga sebesar 22,2 hp pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak mencapai 24 Nm pada 6.000 rpm, pengendara seakan tertarik ke belakang saat membetot gas secara mendadak.

Kendati demikian, pengendara tak akan kesusahan untuk menjinakkannya. Pasalnya, skutik roda tiga seharga Rp200 juta itu dibekali rem cakram di setiap rodanya.

Ketika dijajal untuk bermanuver di tikungan tajam, pengendara kembali dibuat kagum oleh cengkraman roda depan berukuran 13 inci dan roda belakang 14 inci. Tak seperti kendaraan ATV, roda depan Piaggio MP3 Yourban 300 memiliki suspensi independen yang dapat meng-handle kemiringan hingga 40 derajat. Dengan fitur itu, menikung tajam pun akan terasa halus dan stabil.

Advertisement

“Selain itu, ketika roda depan kiri dan kanan melewati ketinggian jalan berbeda, skutik tidak akan goyah atau limbung, karena bekerja secara independen,” terang Yudi.

Yudi juga menambahkan untuk mengendarainya, pengendara harus terbiasa dengan handling-nya terlebih dahulu. Sepeda motor terbaru Piaggio MP3 Yourban 300 hadir dalam dua pilihan warna, yakni putih bianco luna dan silver grigio titanio.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif