News
Sabtu, 21 Maret 2015 - 01:30 WIB

KONFERENSI ASIA AFRIKA : 41 Negara Jajaki Kerja Sama Pengelolaan Kelapa Sawit

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - 400 Perusahaan Dunia Pameran Perkapalan Inamarine 2014 (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Konferensi Asia Afrika akan menjadi ajang penjajakan kerja sama baru dalam berbagai sektor bisnis.

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 41 negara Asia dan Afrika akan menjajaki kerja sama ekonomi bidang pengelolaan kelapa sawit dan alih teknologi dalam Asia-Africa Business Summit yang menjadi bagian dari kegiatan Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60.

Advertisement

Penanggung Jawab Persiapan Konferensi Asia-Afrika di Kantor Kepala Staf Kepresidenan, mengatakan KAA akan memfasilitasi kerja sama para pelaku usaha di negara peserta untuk melakukan promosi dan penjajakan peluang investasi.

“Asia-Afrika Business Summit akan menjadi wadah bagi para pelaku usaha dari 41 negara peserta mengoptimalkan kerja sama ekonomi,mmeningkatkan daya saing usahanya, dan melakukan promosi, serta penjajakan peluang investasi,” katanya di Gedung Bina Graha, Jakarta, Jumat (20/3/2015).

Yanuar Nugroho menuturkan kerja sama konkret yang akan dilakukan dalam forum itu meliputi kerja sama pengelolaan kelapa sawit, alih teknologi, dan ekspansi produk nasional, seperti pakaian jadi, elektronik, dan alas kaki ke pasar Afrika.

Advertisement

Menurutnya, dokumen akhir dari forum itu akan memuat pengembangan kerja sama di sektor perbankan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Ada juga sektor perikanan, kelapa sawit, pembukaan rute penerbangan, pertambangan, energi, agribisnis, serta kapal kontainer untuk mengangkut komoditas ekspor.

“Asia-Africa Business Summit akan mengundang beberapa kepala negara peserta, dan beberapa menteri dari Kabinet Kerja sebagai keynote speaker,” ujarnya.

Asia-Africa Business Summit sendiri rencananya akan diselenggarakan pada 21-22 April 2015 di Jakarta, sebagai agenda pelengkap KAA.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif