News
Sabtu, 21 Maret 2015 - 06:00 WIB

KISAH UNIK : Bantu Menyontek Massal, Puluhan Ortu di India Panjat Dinding Sekolah

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para orang tua siswa di Vaishali, Bihar, India yang memanjat dinding sekolah untuk memberi contekan kepada siswa (Hindustantimes.com)

Kisah unik ini mengabarkan peristiwa kecurangan saat ujian sekolah.

Solopos.com, VAISHALI— Ujian sekolah masih dipandang sebagai momok dalam pendidikan dan sebagian orang ingin berbuat curang. Tidak terkecuali para orang tua di Vaishali, Bihar, India, yang membantu anak-anak mereka melakukan aksi menyontek massal.

Advertisement

Bukannya mendampingi belajar, malah memanjat dinding sekolah untuk memberikan secarik sontekan. Dilansir Hindustan Times, Kamis (19/3/2015), fenomena unik tentang para orang tua siswa yang nekat memanjat dinding sekolah untuk memberi sontekan kepada sang anak, sudah sering terjadi. Peristiwa unik yang terekam Hindustan Times ini terjadi saat ujian sekolah kelas X di suatu sekolah di Vaishali.

Aksi orang tua yang membantu para siswa menyontek saat ujian ini membuat Menteri Pendidikan Shahi kesal. Alih-alih berupaya memperbaiki sistem pendidikan, dia justru menyalahkan para orang tua.

Terhitung dua hari terakhir dari tanggal pemberitaan di Hindustan Times, tujuh orang tua siswa ditangkap dan sebanyak 515 siswa dikeluarkan dari sekolah. Shahi menjelaskan, kisah unik namun buruk dalam dunia pendidikan India ini terjadi saat ujian matrikulasi kelas X.

Advertisement

“Tidak mungkin untuk benar-benar mewujudkan ujian yang adil tanpa kerja sama dari orang tua. Ada lebih dari 1,4 juta peserta ujian dan dengan masing-masing dari mereka, biasanya tiga sampai empat orang penjaga. Mengelola 6-7 juta orang bukan hal mudah untuk administrasi manapun . Hal ini membutuhkan dukungan orang tua dan masyarakat juga, “kata Shahi.

Shahi mengimbau orang tua untuk tidak memanjakan anak dengan praktik memanjat dinding sekolah tersebut. Kecurangan dalam ujian bukan hal baik. Menurut Shah, Pemerintah India berusaha memperketat peraturan dalam ujian.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif