News
Sabtu, 21 Maret 2015 - 07:00 WIB

DEMAM BATU AKIK : Inilah Pilihan Akik yang Pas dengan Weton Anda

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jual-beli batu akik (JIBI/Solopos/Dok.)

Demam batu akik masih menjadi tren di Indonesia.

Solopos.com, SOLO — Apakah Anda termasuk orang yang sedang dilanda demam batu akik? Jika iya, ada baiknya, Anda memperhatikan ulasan kali ini, Rabu (18/3/2015), tentang batu akik yang sesuai dengan weton atau tanggal kelahiran Anda. Agar batu akik yang Anda pakai semakin cocok dengan Anda, dan mungkin membawa keberuntungan tertentu.

Advertisement

Budayawan Solo, Mufti Rahardjo, mengatakan dalam kultur budaya Jawa, batu akik atau batu permata ada terminologinya. Tidak sekadar batu, tapi punya makna dan fungsi, seperti fashion, perhiasan, pengaruh psikologi, sosial, kesehatan, dan spiritual. [Baca: Beli Akik, Gara-Gara Tren atau Daya Spiritualnya?]

Ada panduan untuk mereka yang ingin memiliki atau menggunakan batu akik atau permata sesuai pranatamangsa atau kelahiran. Berdasar buku Horoskop Jawa Misteri Pranata Mangsa, karangan Ki Hudoyo Doyodipuro, menurut Mufti ada beberapa batu yang sesuai 12 pranatamangsa. [Baca juga: Asli atau Palsu? Begini Cara Bedakan Akik Berkualitas]

Advertisement

Ada panduan untuk mereka yang ingin memiliki atau menggunakan batu akik atau permata sesuai pranatamangsa atau kelahiran. Berdasar buku Horoskop Jawa Misteri Pranata Mangsa, karangan Ki Hudoyo Doyodipuro, menurut Mufti ada beberapa batu yang sesuai 12 pranatamangsa. [Baca juga: Asli atau Palsu? Begini Cara Bedakan Akik Berkualitas]

“Tujuannya bukan untuk mendewakan batu tersebut, tapi lebih kepada acuan agar pas dengan yang mengenakan batu akik atau permata itu,” jelas Hudoyo kepada Espos, Rabu (11/3/2015). Untuk lebih jelasnya kita simak bareng, yuk urut-urutan pranatamangsa-nya:

– Kaso (23 Juni-2 Agustus) batu yang direkomendasikan, Aquamarin dan Mata Kucing. Batu ini menghindarkan pemiliknya dalam penyakit lever dan pencernaan. “Untuk warnanya yang direkomendasikan kuning dengan alternatif biru karena serasi dan memberi pengaruh psikologi pemakainya.”

Advertisement

– Katelu (26 Agustus-18 September), batu yang direkomendasikan batu Giok, Akik Lapis, Cornelian, dan Yasper. Untuk batu Giok mampu menolak sakit mata dan keletihan, sedang Akik Lapis atau Sardonyx untuk mencegah keracunan.Warna batu akik atau permata yang direkomendasikan kuning dan hijau.

– Kapat (19 September-13 Oktober), batu yang direkomendasikan Opal atau Kalimaya dan Berlian. Opal memberikan kekuatan pikiran, menyembuhkan sakit impotent dan sakit mata. Warna batu yang pas, biru atau merah anggur.

– Kalima (14 Oktober-9 Nopember), batu yang direkomendasikan, Topaz yang bisa menangkal sakit encok, saraf, sakit dada, dan terbakar. Warna batu yang disarankan, merah karena mengandung makna kesatria dan tanggung jawab.

Advertisement

– Kanem (10 Nopember-22 Desember), batu yang disarankan Intan, Berlian, Piruz, dan Topaz, yang akan menolak energi gaib negatif dan menentramkan pikiran serta menguatkan tubuh pemakainya. Warna yang ideal, hijau memberikan kewibawaan.

– Kapitu (23 Desember-3 Februari), batunya, Black Onyx menyembuhkan penyakit yang diakibatkan gangguan mahluk halus dan batu Ruby menyembuhkan gangguan alat vital (impotensi). Warna biru akan memunculkan percaya diri.

– Kawolu (4 Februari-1 Maret), batunya Blue Sapphire untuk menolak penyakit kulit, penyakit menular dan keracunan. Warna ideal hijau pucuk daun untuk menambah rasa percaya diri.

Advertisement

– Kasanga (2 Maret-26 Maret), batunya, Blue Sapphire menolak racun, dan cacar, Kecubung Kasihan memberikan kelembutan. Warna ideal abu-abu.

– Kasadasa (27 Maret-19 April), batunya Aquamarin dan Badar Besi memberikan kekuatan tubuh dan keberanian, serta kewibawaan. Warna ideal merah tua atau kuning.

– Desta (20 April-12 Mei), batunya Jamrud Hijau, Blue Sapphire menangkal keracunan, penyakit cacar, dan panas. Warna ideal, biru tua memberikan rasa bahagia dan tenteram.

– Saddha (13 Mei-22 Juni), batunya Aquamarin mencegah penyakit dalam, dan batu Jamrud Hijau, untuk menyembuhkan sakit kepala. Warna ideal putih, kuning dan biru muda memunculkan rasa optimistis.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif