Lifestyle
Jumat, 20 Maret 2015 - 08:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Golongan Darah Bisa Deteksi Penyakit Anda

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi darah (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Tips kesehatan ini bisa menjadi referensi Anda mengetahui tanda penyakit dari golongan darah.

Solopos.com, SOLO — Golongan darah seseorang dapat menentukan penyakit yang mugkin akan menyerang kesehatan tubuh. Penjelasan tentang kemungkinan penyakit yang akan menyerang untuk tiap golongan darah, ada di tips kesehatan kali ini.

Advertisement

Dilansir Prevention, Rabu (18/3/2015), golongan darah seperti tipe A berpeluang besar mengalami masalah kesehatan memori dan kecepatan berpikir. Selengkapnya, simak tips berikut ini.

Golongan Darah A
Berdasarkan sebuah studi dari American Journal of Epidemiology, orang dengan golongan darah tipe A cenderung berisiko 47% terjangkit penyakit kanker perut. Namun begitu, menurut studi Gustaf Edgren MD PhD, seorang ahli epidemiologi di Karolinska University Hospital, Swedia, orang dengan golongan darah tipe A memiliki sistem kekebalan tubuh cukup baik.

Golongan darah B
Orang dengan golongan darah B berpotensi besar terjangkit penyakit kanker perut sebesar 18%. Ini relatif rendah dibanding dengan golongan darah tipe lain. Tapi, orang dengan golongan darah tipe ini berisiko besar untuk terkena penyakit jantung.

Advertisement

Golongan darah AB
Menurut penelitian dari Jurnal Neurology, seseorang dengan golongan darah AB memiliki gangguan dengan memori. Secara tidak langsung, gangguan memori ini membuat orang dengan golongan darah tipe AB kurang baik dalam hal kognitif.

Berdasarkan penelitian Mary Cushman, MD, seorang profesor kedokteran dan patologi di University of Vermont, golongan darah tipe AB, memiliki mekanisme pembekuan dan penguncian protein dalam darah yang cenderung tidak menentu.

Selain bermasalah dengan memori, orang dengan golongan darah AB juga memiliki risiko terkena penyakit kanker perut sekitar 46%, serta berpotensi besar terkena penyakit jantung.

Advertisement

Golongan Darah O
Seseorang dengan golongan darah O cenderung mudah terkena bisul dan memiliki risiko penyakit kanker perut sebanyak 18%. Penelitian dari Journal of National Cancer Institute, menunjukkan orang dengan golongan darah tipe O memiliki kemungkinan 37% lebih kecil terkena kanker pankreas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif