News
Jumat, 20 Maret 2015 - 14:30 WIB

NYEPI 2015 : Tawur Kesanga Digelar di Badung, Ini Pesannya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Nyepi 2015 selalu didahului dengan upacara Tawur Kesanga. Ada pesan tentang keseimbangan hubungan manusia.

Solopos.com, DENPASAR — Umat Hindu Kota Denpasar melakukan ritual Tawur Kesanga di lapangan Puputan Badung pada Jumat (20/3/2015) dengan dipimpin oleh tujuh pendeta.

Advertisement

Upacara ini merupakan salah satu rangkaian ritual dalam menyambut hari raya Nyepi yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan dan keharmonisan alam dengan manusia.

“Upacara ini diselenggarakan setahun sekali, sehari sebelum Nyepi. Upacara ini juga bermakna untuk menyeimbangkan alam semesta beserta dengan isinya,” ungkap Ida Pedanda Gede Telaga, salah satu pendeta yang memimpin upacara ini, Jumat (20/3/2015).

Dia menambahkan, harapannya dengan upacara ini masyarakat bisa hidup lebih baik dan seimbang dengan alam. Dengan keseimbangan dan keharmonisan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia, serta manusia dengan lingkungan akan menjadi lebih harmonis.

Advertisement

Upacara Tawur Kesanga ini akan berlangsung sekitar 1,5 jam dengan dimulai dari pendeta memuja dengan doa-doa, kemudian dilanjutkan dengan tari-tari sakral. Setelah prosesi tersebut selesai, dilanjutkan dengan sembahyang bersama.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif