Jatim
Jumat, 20 Maret 2015 - 21:05 WIB

JADWAL KERETA API : Cermati, Mulai 1 April Jadwal Kereta Api Berubah

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Jadwal kereta api mulai 1 April akan berubah.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Anda pelanggan kereta api? Manajemen PT KAI (Persero) memastikan akan ada perubahan jadwal pemberangkatan kereta api mulai 1 April tahun ini. Perubahan jadwal tersebut dilakukan setelah ada sejumlah evaluasi setiap tahunnya.

Advertisement

Pelaksana Harian Manajer Humas PT KAI Daops 7 Madiun, Mahendro Trang Bawono, mengatakan perubahan jadwal kereta api disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, kata dia, adanya perubahan jumlah perjalanan kereta api.

Kedua, penyesuaian jadwal perjalanan KA jarak jauh dari dan ke Jakarta dengan jadwal operasional KRL dan KA lokal.

Ketiga, jelas Mahendro, perubahan waktu berhenti di beberapa stasiun tertentu untuk kepentingan operasional. Keempat, pengisian air di stasiun tertentu. Dan terakhir penambahan waktu tempuh untuk lebih menjamin ketepatan waktu.

Advertisement

“Secara garis besar perubahan terjadi sekitar 10 menit berupa penambahan dibandingkan tahun lalu,” ujarnya ketika ditemui Madiun pos  di ruang kerjanya, Kamis (199/3/2015).

Meski demikian, ada sekitar 19 perjalanan kereta api yang berubah dengan selisih waktu di atas 30 menit dari perjalanan sebelumnya. Kereta tersebut, terdiri dari kereta kelas eksekutif, eksekutif bisnis, bisnis, ekonomi AC, hingga ekonomi jarak jauh.

Tahun 2015, lanjut Mahendro, PT KAI kembali melakukan perubahan pola berhenti kereta di stasiun-statsiun tertentu. Perubahan itu diberlakukan karena pada grafik perjalanan kereta api sebelumnya, terdapat sejumlah kereta yang tak berhenti di sejumlah stasiun.

Advertisement

Namun, karena saat ini dianggap sudah kondusif, maka untuk memenuhi permintaan masyarakat, sejumlah kereta kembali berhenti di stasiun-stasiun tertentu, seperti Kertosono dan Nganjuk.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif