Soloraya
Kamis, 19 Maret 2015 - 11:00 WIB

WISATA BOYOLALI : Situs Kragilan Dinilai Layak Jadi Objek Wisata Baru

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah situs ditemukan di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo. Situs tersebut diduga berumur ribuan tahun. Foto diambil Senin (16/3/2015). (Muhammad Irsyam Faiz/JIBI/Solopos)

Penemuan baru yakni sebuah dtus bersejarah di Kragilan, Mojosongo, Boyolali, dinilai layak menjadi destinasi wisata baru.

Solopos.com, BOYOLALI – Situs yang ditemukan di Desa Kragian, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, beberapa waktu lalu dinilai berpotensi menjadi destinasi wisata baru Boyolali.

Advertisement

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Boyolali, Hartono, Rabu (18/3/2015), mengatakan berdasarkan pengamatan dari Balai Pemeliharaan Cagar Budaya (BPCB) Prambanan menyimpulkan situs tersebut merupakan benda cagar budaya yang harus dilestarikan.

“Itu sangat potensial sekali jika diberdayakan, karena di situ juga ada objek wisata kampung air,” kata dia. Kendati demikian, Disbudpar Boyolali saat ini masih menunggu hasil pengkajian dari BPCB Prambanan.

“Untuk ke depannya seperti apa kami masih menunggu kajian dari sana [BPCB],” kata dia.

Advertisement

Kepala Desa Kragilan, Budi Saryawan, mengatakan pihaknya sepakat dan mendukung jika situs tersebut bisa dijadikan obyek wisata karena di samping mengangkat nama Desa Kragilan juga bisa membantu perekonomian warga sekitar.

“Ya jelas sangat sepakat, saya senang sekali jika situs itu bisa jadi tempat wisata, ekonomi masyarakat bisa terbantu,” ucap dia.

Namun menurut Kades, situs tersebut berdiri di atas tanah milik warga setempat.

Advertisement

“Pekan lalu saya lihat ada petugas dari BPCB Prambanan ke sini [kragilan], sepertinya untuk menemui yang punya tanah itu,” kata
dia.

Penelusuran

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif