News
Kamis, 19 Maret 2015 - 12:15 WIB

PENYELAMATAN SDA : Jokowi Desak Aksi Nyata Kementerian Selamatkan SDA

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Penyelamatan sumber daya alam diharapkan tak hanya teruang dalam MoU tapi juga diikuti aksi nyata.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penandatanganan nota kesepahaman rencana aksi penyelamatan sumber daya alam tidak hanya menjadi kegiatan seremonial tanpa realisasi dari kementerian dan lembaga.

Advertisement

Presiden Jokowi mengatakan penandatanganan nota kesepahaman harus menjadi momentum untuk memulai aksi bersama dengan melibatkan seluruh elemen bangsa untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam demi kepentingan masyarakat. Selama ini, penandatanganan nota kesepahaman hanya menjadi kegiatan seremonial tanpa ada tindak lanjut.

“Saya ingat dulu semua tanda tangan pakta integritas, tetapi indeks persepsi korupsi Indonesia tetap tinggi dan masih di bawah negara tetangga,” katanya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Presiden Jokowi menuturkan semua pihak merasa prihatin terhadap pengelolaan sumber daya alam di dalam negeri, karena belum dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Advertisement

Indonesia, saat ini masih kalah dengan negara maju yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonominya, meskipun mereka tidak memiliki sumber daya alam.

Dia mencontohkan Korea Selatan yang saat ini jauh lebih maju dibandingkan dengan Indonesia. Padahal pada 1967 produk domestik bruto (PDB) negara itu hanya US$4,7 miliar, di bawah Indonesia yang saat itu mencapai US$5,9 miliar.

“Saat itu kita berangkatnya sama-sama, dan PDB kita lebih baik. Sekarang, bandingkan dengan Korea Selatan yang sudah jauh lebih maju,” ujarnya.

Advertisement

Presiden Jokowi juga menyebutkan tindak pidana korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang harus diperangi bersama. Untuk itu, diperlukan langkah pencegahan, penindakan, dan keterlibatan masyarakat untuk mengatasinya.

Diberitakan, seluruh kementerian dan lembaga negara menandatangani MoU Penyelamatan SDA. (baca: Seluruh Kementerian Tanda Tangani MoU Gerakan Penyelamatan SDA)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif