Otomotif
Rabu, 18 Maret 2015 - 08:10 WIB

SEPEDA MOTOR BMW : Jadi Motor Patroli, Skutik BMW Tembus 120 Km/jam

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sepeda motor BMW C600 (Autoevolution.com)

Sepeda motor BMW C600 resmi menjadi kendaraan patroli Kepolisian Barcelona. Meski bertenaga listrik, tenaganya setara dengan kendaraan bermesin 600 cc.

Solopos.com, BARCOLONA – Kepolisian Barcelona, Spanyol, resmi menerima 30 unit pertama sepeda motor BMW C600. Akan digunakan sebagai kendaraan patroli, skutik bertenaga listrik itu mampu melaju hingga kecepatan 120 km/jam.

Advertisement

Seperti dilansir laman Autoevolution, Senin (16/3/2015), BMW Motorrad selaku divisi roda dua BMW AG, mengumumkan skutik kelas Maxi Scooter itu telah diserahterimakan kepada Kepolisian Barcelona. Sepeda motor BMW itu mendapat sentuhan baru seperti stiker warna biru, sirine dan box di bagian belakang.

Pada sektor jantung pacu, BMW C600 dibekali motor listrik berteknologi liquid cooled permanent magnet synchronous yang mampu menyemburkan tenaga hingga 15 hp untuk mode standar.

Tenaga itu cukup untuk membawa skutik bongsor itu melaju dengan kecepatan maksimal 120 km/jam. Sedangkan untuk akselerasinya, motor asal Jerman itu mampu melaju hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 6,2 detik.

Advertisement

Jika kurang puas, tenaga itu masih dapat dimaksimalkan hingga 47 hp dengan torsi puncak 71 Nm. BMW mengungkapkan kecepatan 120 km/jam merupakan kecepatan yang dibatasi secara elektronik demi keamanan berkendara di perkotaan. Dikatakan,  kecepatan asli skutik listrik itu sebenarnya setara dengan sepeda motor bermesin 600 cc.

Dengan baterai lithium ion berkapasitas 8 kWh yang terisi penuh, BMW C600 mampu memberi jarak tempuh hingga 100 km. Pengisian baterainya terbilang cukup cepat, dari keadaan kosong, baterainya akan terisi penuh setelah di-charge selama empat jam. Colokan charger-nya pun menggunakan colokan yang biasa digunakan pada perangkat elektronik di rumah.

Saat menunggangi sepeda motor BMW C600, pengendara akan dihadapkan dengan empat tombol yang dapat disesuaikan dengan model riding masing-masing pengendara. Empat model riding yang disediakan itu adalah, Road, Eco Pro, Sail dan Dynamic. Sesuai standar keamanan berkendara di benua Eropa, skutik BMW itu juga telah dilengkapi rem tipe anti-lock braking system (ABS).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif