Lifestyle
Rabu, 18 Maret 2015 - 06:35 WIB

INFO BUKU : Buku Ini Ulas 99 Cara Jadi TKI Sukses

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Buku 99 Tips Menjadi TKI Sukses (Dok/JIBI/Solopos)

Info buku ini berisi resensi buku 99 Tips Menjadi TKI Sukses.

Solopos.com, SOLO — Apabila Anda berniat menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI), atau mungkin saat ini sedang menjadi TKI, resensi buku 99 Tips Jadi TKI Sukses berikut ini bisa memberi info bermanfaat demi kecermelangan karier Anda.

Advertisement

Simak info buku 99 Tips Menjadi TKI Sukses, yang ditulis pengarang Aji Surya dan Faiez Maulana, berikut;

Buku 99 Tips Menjadi TKI Sukses

Advertisement

Buku 99 Tips Menjadi TKI Sukses

Judul           : 99 Tips Menjadi TKI Sukses
Pengarang : Aji Surya dan Faiez Maulana
Tebal           : 280 halaman
Penerbit     : PT Kompas Media Nusantara
ISBN           : 978-979-709-867-4 J

Banyak cerita tentang tenaga kerja Indonesia di luar negeri yang mengundang iba, bahkan tidak sedikit yang mendapat dukungan sosial dari masyarakat karena nasib kurang beruntung para TKI di negeri orang.

Advertisement

Meski demikian, minat mengadu untung di negeri orang tetap tak surut. Pendapatan yang relatif lebih besar dan masih terbatasnya kesempatan kerja di dalam negeri membuat jutaan orang rela bekerja jauh dari keluarga dan Tanah Air.

Toh nyatanya, banyak juga cerita sukses yang muncul dari para pekerja migran Indonesia di luar negeri. Kondisi inilah yang mendorong Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia, Kementerian Luar Negeri menerbitkan “buku petunjuk” menjadi TKI yang legal dan sukses mendulang emas di negeri orang.

Buku panduan yang ditulis M. Aji Surya dan Faiez Maulana diberi judul yang cukup menarik perhatian 99 Tips Menjadi TKI Sukses. Meski diharapkan menjadi pegangan bagi para TKI dan calon pekerja migran, buku tersebut jauh dari kesan berat seperti yang selama ini melekat pada manual books yang cenderung membosankan dengan tulisan yang kecil dan irit dengan gambar peraga.

Advertisement

Kedua penulis mengakui buku tersebut sangat sederhana dan bukan karya ilmiah yang disesaki dengan seabrek teori. Mereka memberi garansi buku yang berisi kumpulan informasi dari para pegawai Direktorat Perlindungan WNI dan BHI tersebut tidak akan membuat dahi pembaca berkerut karena hanyaberisi judul dan beberapa kalimat. Alih-alih menggunakan kalimat yang formal dan membosankan, mereka justru bekerja keras dengan gambar dan kata-kata yang sederhana agar setiap pembaca mudah mencerna dan bersedia menghabiskan ke-99 tips yang dikumpulkan.

Salah satu tips dalam buku 99 Tips Menjadi TKI Sukses ini menyebutkan betapa Anda harus mengetahui pasti akan bekerja sebagai apa. Tips ini diberi satu pagragraf penjelasan, “Dengan mengetahui pasti posisi pekerjaan yang dilamar, berarti mengetahui pasti skill yang dibutuhkan, syarat-syarat yang diperlukan, serta bentuk pekerjaan yang akan dikerjakan. Pastikan sebelum keberangkatan diberikan pelatihan sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Menteri Tenaga Kerja.”

Tips tersebut seolah sengaja dipilih sebagai pembuka ‘buku panduan’ ini karena banyak kasus TKI akhirnya bermuara pada masalah ini. Banyak pekerja migran Indonesia mendapat masalah karena tidak mendapat pekerjaan sesuai dengan janji dan keahilan serta pengetahuan yang tidak tepat, sehingga pemberi kerja pun kecewa.

Advertisement

Selanjutnya, TKI diingatkan untuk menetapkan tujuan bekerja di luar negeri, misalnya apakah untuk membiayai sekolah anak atau mencari modal usaha. Tips lainnya adalah pentingnya mengetahui adat istiadat, bahasa, dan hukum yang berlaku di negara tujuan. Mereka mengingatkan sopan santun berlebihan yang mungkin lumrah di Indonesia justru bisa dimaknai berbeda di luar negeri. “Sering kali sikap ramah berlebihan diartikan lain terutama bagi masyarakat di Timur Tengah.”

Selain sejumlah tips penting selama di luar negeri, buku 99 Tips Menjadi TKI Sukses ini juga mengimbau para TKI agar tidak lupa menabung, berinvestasi, dan berwirausaha supaya bisa meningkatkan pendapatan serta menciptakan lapangan kerja.

Tak lupa, para pekerja di luar negeri diingatkan untuk minta dijemput keluarga di bandara ketika pulang kampung. Buku yang muat di saku ini bisa menjadi rujukan bagi para pekerja yang tertarik mencari rezeki di negara lain agar sukses menjadi TKI seperti judul buku ini. 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif