News
Selasa, 17 Maret 2015 - 12:45 WIB

SNMPTN 2015 : Inilah 10 Kampus Paling Diminati Tahun Ini

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Solo (ilustrasi/kampus-info.com)

SNMPTN 2015 telah menyelesaikan salah satu tahan pendaftaran. Sebanyak 10 kampus menjadi yang terfavorit.

Solopos.com, JAKARTA – Panitia Pusat Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 merilis daftar kampus terfavorit pendaftar. Dari daftar itu, Universitas Padjajaran (Unpad) menempati posisi pertama.

Advertisement

Daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terfavorit masih enggan menjauh dari Unpad dan Universitas Gajah Mada (UGM) keduanya menempati peringkat pertama dan kedua.

Sedangkan Universitas Sumatera Utara (USU) berada di peringkat keempat atau satu tingkat di bawah Universitas Brawijaya (Unibraw). Tahun 2014 lalu, USU berhasil menempati peringkat ketiga.

Kampus asal Solo, Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali masuk dalam daftar ini. UNS berada di peringkat kedelapan atau bertahan dari peringkat kampus terfavorit tahun lalu.

Advertisement

Dilansir Bisnis Indonesia mengutip laporan Tempo.co, Senin (17/3/2015), Ketua Umum Panitia Pusat SNMPTN 2015 Rokhmat Wahab mengungkap, ada 852.093 siswa dari 15.317 sekolah yang berminat mendaftar SNMPTN.

“Sesuai target dan naik 9,5% dari tahun lalu,” kata Rokhmat di rektorat Universitas Negeri Yogyakarta pada Senin (16/3/2015).

Mayoritas pendaftar, kata Rokhmat, masih memilih kampus-kampus yang berada di Jawa. Dia mencatat sepuluh kampus dengan jumlah pendaftar terbanyak belum banyak berubah dari tahun lalu.

Advertisement

Dilaporkan Solopos.com sebelumnya, tahun ini pendaftar SNMPTN diprediksi bakal meningkat. Data yang diterima Solopos.com dari laman Kemendikbud, 26 Mei 2014 memperlihatkan pendaftar SNMPTN 2014 mencapai 777.536 pelamar. Dari hasil ujian yang dilakukan para siswa SMA, 10 besar PTN yang paling banyak mereka tuju, hampir semua berada di pulau Jawa.

Ini menunjukkan 10 kampus yang paling diminati saat ini. Berdasarkan urutan jumlah pendaftar terbanyak, kampus-kampus itu adalah:

  1. 1. Universitas Padjajaran
  2. 2. Universitas Gadjah Mada
  3. 3. Universitas Brawijaya
  4. 4. Universitas Sumatera Utara
  5. 5. Universitas Diponegoro
  6. 6. Universitas Negeri Semarang
  7. 7. Universitas Pendidikan Indonesia
  8. 8. Universitas Sebelas Maret
  9. 9. Universitas Hasanudin
  10. 10. Universitas Negeri Yogyakarta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif