Soloraya
Selasa, 17 Maret 2015 - 18:15 WIB

PILKADA KLATEN 2015 : Pengawas Pilkada Klaten Mulai Direkrut Mei 2015

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada (JIBI/Solopos/Dok)

Pilkada Klaten 2015 akan digelar akhir tahun ini. Sedangkan perekrutan pengawas pilkada dilakukan mulai Mei mendatang.

Solopos.com, KLATEN – Perekrutan pengawas pemilihan kepada daerah (pilkada) di Klaten akan dimulai Mei 2015. Perekrutan itu dilaksanakan tujuh bulan sebelum pelaksanaan Pilkada Klaten yang direncanakan pada Desember 2015.

Advertisement

“Tahapan perekrutan pengawas pemilu di kecamatan, desa, dan TPS [tempat pemungutan suara] dimulai Mei karena Panwaslu [Panitia Pengawas Pemilu] Kabupaten Klaten baru dilantik pada 16 April nanti di Semarang,” kata anggota Panwaslu Kabupaten Klaten, Suharno, Senin (16/3).

Ia menambahkan tahapan perekrutan itu dimulai dengan seleksi panitia pengawas kecamatan (panwascam) yang akan dibuka Mei, lalu perekrutan pengawas pemilu lapangan (PPL) dibuka Juli.

Sedangkan perekrutan pengawas tempat pemungutan suara (TPS) dibuka November atau sebulan sebelum pilkada digelar.

Advertisement

Sementara itu, untuk jumlah panwascam masih sama dengan pemilu sebelumnya yakni 78 orang sehingga masing-masing kecamatan ada tiga orang. Sedangkan PPL sebanyak 401 orang atau sesuai jumlah desa di Kabupaten Klaten dan pengawas TPS sebanyak 2.475 orang atau masing-masing TPS ada satu orang.

Di sisi lain, untuk agenda dalam waktu dekat, ia diundang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten untuk berkoordinasi pencocokan data kependudukan. Pertemuan itu direncanakan pada Rabu (18/3/2015) di KPU Klaten.

Saat itu, KPU, Panwaslu, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) akan menyamakan persepsi tentang data kependudukan untuk daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada Klaten.

Advertisement

Sebelumnya, KPU Klaten juga berencana membandingkan data penduduk sesuai kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dengan daftar pemilih tetap (DPT) pemilu presiden (pilpres).

“Kami akan membandingkan DPT Pilpres dengan data di Dispendukcapil. Hal itu untuk mengantisipasi data yang tercecer saat penyusunan DPS Pilkada Klaten,” kata Anggota KPU Klaten Divisi Pemilih, Muhammad Ismail, pekan lalu.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif