Lifestyle
Senin, 16 Maret 2015 - 19:45 WIB

UJIAN NASIONAL 2015 : 8 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat UN!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ujian Sekolah di SMA Negeri 5 Solo, Jumat (13/3/2015). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Ujian Nasional 2015 akan segera dimulai. Tak ada salahnya menyimak tips jitu ini terlebih dahulu sebelum menghadapi UN.

Solopos.com, JAKARTA — Tahun ini, pemerintah tak lagi menjadikan nilai UN sebagai parameter satu-satunya kelulusan seorang siswa. Selain itu, Departemen Pendidikan Nasional juga mulai mencoba sistem UN 2015 berbasis komputer untuk meminimalkan berbagai kecurangan yang terjadi saat UN

Advertisement

Meski tak lagi menjadi indikator utama kelulusan, siswa juga perlu mempersiapkan diri agar berhasil menghadapi ujian.

Pola lama menghadapi ujian, misalnya,  sistem kebut semalam menjelang ujian, pastinya tak mujarab untuk kelulusan.

Advertisement

Pola lama menghadapi ujian, misalnya,  sistem kebut semalam menjelang ujian, pastinya tak mujarab untuk kelulusan.

Butuh persiapan, dan terencana untuk dapat menyelesaikan soal ujian dengan tepat dalam waktu yang sudah ditentukan. Berikut tips menghadapi ujian yang bisa siswa terapkan dalam menghadapi UN 2015, seperti dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari laman Bronsky.com, Senin (16/3/2015):

Jadwal
Jadwal belajar adalah elemen paling penting untuk berhasil menghadapi ujian. Bila Anda adalah siswa yang baik, tetapi tidak memiliki jadwal belajar yang baik untuk persiapan menghadapi ujian, maka Anda tak dapat melakukan yang terbaik saat ujian. Maka, pastikan memiliki jadwal belajar yang baik.

Advertisement

Waktu seimbang
Ada beberapa mata pelajaran yang diuji saat menghadapi ujian, termasuk ketika Ujian Nasional 2015. Oleh karena itu, bijaklah mengatur waktu, dan perhatian untuk semua pelajaran yang diujikan, karena bila hanya fokus pada satu atau dua pelajaran saja, maka Anda akan keteteran menghadapi ujian pelajaran lainnya. Berikan perhatian yang merata untuk seluruh mata pelajaran.

Buat catatan
Buat catatan ketika belajar. Hal ini berlaku untuk seluruh pelajaran yang Anda pelajari. Catat hal-hal penting yang menurut Anda akan diuji saat tes. Alangkah baiknya bila Anda bisa membuat cara singkat untuk mengingat pelajaran yang Anda pelajari, sehingga mudah diingat.

Latihan
Latihan contoh soal sangat penting, agar Anda mengetahui kemampuan diri dalam menyelesaikan suatu tes. Dari latihan mengerjakan soal juga bisa diketahui kelemahan, sehingga Anda bisa memperbaiki kekurangan sebelum ujian berlangsung.

Advertisement

 
Sebaiknya Anda tak lagi belajar ketika jam ujian akan mulai. Ini akan membuat pikiran Anda tak fokus, sebaiknya belajar sebelum ujian. Bukan saat hari ujian. Disarankan Anda santai saat hari ujian, tertawa dan berbincang dengan teman-teman, sehingga Anda tidak stres.

Tarik napas
Sebelum mengerjakan soal, tarik napas dalam-dalam. Ini membuat detak kjantung normal, dan Anda lebih tenang menghadapi soal ujian. Dengan demikian, Anda bisa menulis seluruh yang Anda ketahui sata menjawab soal ujian.

Jawaban
Saat menjawab ujian, buatlah jawaban yang singkat dan tepat, serta padat. Anda bisa membuat poin-poin dari jawaban, dan menjelaskan setiap poin secara singkat dan padat. Hal ini perlu untuk soal yang memerlukan jawaban berupa penjelasan.

Advertisement

Lembar jawaban yang menarik, tersusun, akan membuat penguji merasa senang saat memerika jawaban Anda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif