Otomotif
Senin, 16 Maret 2015 - 10:55 WIB

TIPS OTOMOTIF : Begini Cara Bersihkan Stiker di Mobil Sampai Kinclong

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan kaca mobil. (Twitter @Toyotaid)

Tips otomotif kali ini menjelaskan langkah-langkah untuk membersihkan stiker yang menempel pada bodi dan kaca mobil maupun sepeda motor.

Solopos.com, SOLO – Mencopot stiker pada kendaraan hingga bersih dan kinclong terkadang tak mudah dan diperlukan tips otomotif khusus. Jika salah menyiasatinya, cat kendaraan Anda bisa jadi taruhannya.

Advertisement

Alih-alih terlepas sempurna, stiker yang hendak dicopot dari bodi atau kaca kendaraan justru lebih sering sobek hingga meninggalkan bekas yang susah dibersihkan. Bahkan, tak sedikit pula yang menimbulkan kerusakan pada cat. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengikuti tips otomotif berikut ini. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari akun Twitter @ToyotaID, Minggu (15/3/2015), inilah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membersihkan stiker pada kendaraan Anda.

Stiker Kertas
Untuk stiker berbahan kertas, cara melepasnya bisa dengan air sabun saja. Caranya, basahi dahulu seluruh permukaan stiker yang ingin Anda lepas dengan air sabun. Setelah itu, gosok perlahan dengan kain atau kanebo basah hingga sisa-sisa perekat stiker juga ikut menghilang.

Advertisement

Stiker Plastik
Untuk stiker berbahan plastik atau scotchlite, ada dua cara untuk mengatasinya. Pertama arahkan hair dryer yang telah dinyalakan ke permukaan stiker secara merata. Panas yang dihasilkan akan menyebabkan lem melunak dan mengerut yang ditandai dengan permukaan stiker menggembung. Setelah itu, stiker dapat dilepas dengan kuku. Namun Anda perlu teliti jangan sampai cat mobil ikut tergores.

Cara kedua dapat dilakukan dengan membasahi permukaan stiker dengan minyak kayu putih. Setelah itu, tutup dengan plastik dan rekatkan dengan plester. Tujuannya adalah agar uap dari minyak kayu putih meresap ke dalam lapisan stiker. Setelah 10 menit, stiker akan melunak dan dapat dilepas.

Sebagai langkah akhir, Anda dapat menggunakan compound sebagai obat pemoles. Setelah itu, Anda juga dapat mengelap kendaraan dengan cairan car polish atau car wax supaya lebih kinclong.

Advertisement

Kain yang digunakan sebaiknya adalah kain mikro fiber atau kain berserat halus. Lakukan langkah terakhir itu dengan gerakan memutar satu arah. Dengan tips otomotif tersebut, Anda dapat terbebas dari stiker tanpa merusak cat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif