News
Senin, 16 Maret 2015 - 23:40 WIB

KISAH UNIK: Wih, Transplantasi Alat Kelamin Berhasil Dilakukan di Afsel

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim dokter operasi transplantasi kelamin di Afrika Selatan (Mirror.co.uk)

Kisah unik ini dicatatkan seorang pria yang menjalani operasi transplantasi alat kelamin. Operasi itu dianggap sebagai transplantasi alat kelamin pertama di dunia yang berujung sukses.

Solopos.com, CAPE TOWN – Seorang pria 21 tahun asal Afrika Selatan menjalani operasi transplantasi alat kelamin dengan sukses. Itu adalah operasi kelamin pertama di dunia yang sukses setelah 2006 silam terjadi operasi yang sama namun tidak berhasil.

Advertisement

Seperti dilansir Mirror.co.uk, Jumat (13/3/2015), pria yang tidak disebutkan namanya itu kehilangan alat kelaminnya karena ritual pemotongan kelamin oleh suku setempat tiga tahun lalu. Ritual tersebut sudah dijalankan sejak berabad-abad.

Tim dokter mengumumkan keberhasilan operasi pekan lalu itu. Operasi transplantasi alat kelamin itu dilakukan selama sembilan jam. Sang donor alat kelamin adalah seseorang yang telah meninggal dunia, keluarga donor itu pun sudah menyetujui hal tersebut.

“Ini adalah terobosan besar. Kami telah membuktikan bahwa hal itu dapat dilakukan. Kami bisa memberikan seseorang organ yang sama baiknya dengan yang ia miliki,” kata kepala bedah rekonstruksi plastik di Stellenbosch University, Profesor Frank Graewe.

Advertisement

“Sebuah kehormatan tersendiri menjadi bagian dari transplantasi alat kelamin pertama di dunia yang sukses,” imbuh dia.

Kisah unik operasi alat kelamin itu sebenarnya telah dilakukan 9 Desember tahun 2014 lalu di Rumah Sakit Tygerberg, Cape Town. Namun pengumuman keberhasilan baru diumumkan sekarang karena harus ada sederet pengujian pascaoperasi demi memastikan keberhasilan operasi tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif