News
Senin, 16 Maret 2015 - 20:50 WIB

KEBIJAKAN PENDIDIKAN : DPRD Jateng Dukung Lima Hari Sekolah

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Kebijakan pendidikan terutama soal hari pelajaran di Jawa Tengah mendapat sorotan DPRD Jateng. Kalangan dewan setuju lima hari sekolah dalam sepekan  

 

Advertisement

Kanalsemarang.com, SEMARANG- Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah mendukung penuh wacana penerapan waktu belajar selama lima hari sekolah dalam sepekan, namun dengan beberapa catatan.

“Wacana lima hari sekolah itu harus melalui kajian mendalam karena melibatkan berbagai pihak guna mengetahui kekurangan dan kelebihan,” kata Ketua DPRD Jateng Rukma Setiabudi di Semarang seperti dikutip Antara, Senin (16/3/2015).

Menurut dia, kegiatan belajar mengajar para siswa di sekolah dapat dipadatkan mulai pagi hingga sore hari terkait dengan penerapan program lima hari sekolah.

Advertisement

“Prosesnya akan sama dengan penerapan jam kerja PNS yang dulu kerjanya enam hari, sekarang jadi lima hari karena ada pemadatan kegiatan belajar mengajar,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Jika penerapan program lima hari sekolah itu bisa memberikan manfaat pada bidang pendidikan di Jateng, kata dia, maka harus dilaksanakan dengan sistematis agar hasilnya dapat optimal.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Nur Hadi Amiyanto yang ditemui terpisah juga menyatakan dukungan terhadap wacana lima hari sekolah seperti yang diusulkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Advertisement

“Kajian mendalam teyao harus dilakukan, apalagi ada masalah standar mengajar bagi guru yang harus dipenuhi dalam seminggu,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menginginkan seluruh sekolah di provinsi setempat menerapkan waktu belajar selama lima hari sekolah dalam sepekan guna meningkatkan kualitas pertemuan dengan orang tua masing-masing.

Menurut Ganjar, setiap orang tua harus memperhatikan kualitas pertemuan dengan anak-anaknya di luar jam sekolah sehingga komunikasi antarkeluarga dapat berjalan baik.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif