Sport
Minggu, 15 Maret 2015 - 19:30 WIB

PIALA SURATIN 2015 : Formasi Pelatih Persis Jr. Dirombak Total

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gelandang serang Persis Solo Junior, Ronaldo Dasilva Lolombulan, melakukan selebrasi seusia mencetak gol ke gawang Nusa Ina Maluku Jr pada babak semifinal Piala Suratin di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (30/11/2014). (Imam Yudha S/JIBI/Solopos)

Piala Suratin 2015 semakin dekat. Namun Persis Jr. justru dirombak total.

Solopos.com, SOLO — Pengurus Asosiasi PSSI Kota Solo melakukan perombakan secara menyeluruh pada formasi kepelatihan Persis Solo Junior (Jr) musim ini. Peran pelatih kepala yang musim lalu dipegang oleh Agus “Atik” Pratikno diberikan kepada Syaifudin untuk menangani Persis Jr. dalam mengarungi kompetisi Piala Suratin 2015.

Advertisement

Keputusan perubahan formasi kepelatihan Persis Jr. ini diputuskan Askot PSSI Solo, Minggu (15/3/2015) kemarin. Selain Syaifudin, Askot PSSI Solo juga menunjuk Eko Aryanto sebagai manajer dan M. Didik Budiawan sebagai asisten pelatih.

“Keputusan ini sudah melalui rapat pengurus dan dikonsultasikan dengan Penasihat Askot PSSI Solo, Pak Rudy [Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo]. Baik Syaifudin dan Eko Aryanto dinilai memiliki kemampuan membawa tim junior kembali berprestasi di tingkat nasional,” terang Ketua Umum Askot PSSI Solo, Paulus Haryoto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (15/3/2015).

Keputusan Askot PSSI Solo ini terbilang berani. Sebab pada ajang yang sama musim lalu, Persis Jr. yang ditangani Atik dan ketiga asistennya, Guntoro “Iplik” Tri Prasetyo, Benny Anggriawan dan Ratmoko, mampu menembus babak nasional dan tampil sebagai runner up untuk kali pertamanya sejak 20 tahun terakhir.

Advertisement

Meski demikian, Paulus berdalih keputusan ini dilakukan sudah melalui banyak pertimbangan. Selain masih percaya dengan kekuatan Persis Jr. musim ini karena diisi sebagian besar pemain musim lalu, Askot PSSI Solo juga ingin memberikan kesempatan bagi pelatih lain.

“Untuk Pak Atik dan asistennya musim lalu, seperti Mas Iplik, kami fokuskan untuk menangani tim Porprov Kota Solo. Karena itu untuk tim Persis Jr. kami berikan kesempatan kepada pelatih lokal lainnya,” beber Paulus.
Tetap optimistis

Meski berganti kepelatihan, Paulus tetap optimistis Persis Jr. akan kembali berprestasi di tingkat nasional. Terlebih skuat musim lalu juga sebagian besar masih berada di Persis Jr. musim ini.

Advertisement

“Ada sekitar 60% pemain musim lalu yang masih bisa memperkuat Persis musim ini. Dengan kekuatan tim yang tidak berubah tentu kami tetap optimistis Persis Jr. musim ini bisa kembali berprestasi,” terang Paulus.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Usia Muda, SSB, Sepak Bola Wanita dan Futsal pada Askot PSSI Solo, Teddy Agoeng Soelistyo, menyebutkan sekitar 60-70% awak Persis Jr. musim lalu dari sisi persyaratan usia masih bisa dimainkan musim ini.

“Tentunya mereka akan dicermati lagi kemampuannya, lalu dipadukan pemain-pemain baru kelahiran 1998-1999 hasil seleksi dari 26 klub internal Persis. Rencana seleksi digelar mulai Rabu (18/3/2015),” ujar Teddy dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Keputusan untuk melakukan seleksi ini terbilang mendadak. Sebab kompetisi Piala Suratin 2015 akan sudah dimulai dalam waktu dekat ini, yakni 19 April mendatang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif