Otomotif
Minggu, 15 Maret 2015 - 08:18 WIB

MOBIL TERBARU : Fokus Performa, Honda Ciptakan Civic Mesin Turbo

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Honda Civic 2015. (Istimewa/leftlanenews.com)

Mobil terbaru Honda New Civic akan hadir dengan mesin turbo yang diklaim menghasilkan performa tinggi namun hemat bahan bakar.

Solopos.com, TOKYO – Perombakan besar bakal diberikan pada sektor jantung pacu mobil terbaru Honda New Civic. Nantinya, mobil andalan Honda sejak 1973 itu akan mengusung mesin baru yang disempurnakan dengan tambahan teknologi turbo.

Advertisement

Seperti dilansir laman Leftlanenews, Kamis (12/3/2015), mobil terbaru Honda New Civic akan mengusung mesin 1,5 liter turbocharger empat silinder. Meski berkapasitas lebih kecil dari versi sebelumnya yang mencapai 1,8 liter, Honda mengklaim mesin baru itu mampu menyemburkan tenaga setara dengan mobil bermesin 2,0 liter bahkan 2,4 liter.

Yoshiharu Yamamoto selaku Head Research and Development Honda Corporation Jepang mengungkapkan penambahan perangkat turbocharger dapat membuat kinerja Honda New Civic lebih tinggi namun tetap hemat bahan bakar. Selain itu, ukuran mesin juga dapat diminimalkan sehingga bobot mobil menjadi lebih ringan.

Lebih lanjut, program pengembangan mesin turbocharger untuk Honda New Civic merupakan salah satu strategi Honda untuk memasarkan mobilnya ke benua Eropa dan Amerika. Pasalnya, mulai tahun ini dua benua itu telah menetapkan standar emisi gas buang yang lebih tinggi sehingga setiap mobil yang beredar harus benar-benar ramah lingkungan.

Advertisement

Salah satu pabrik Honda yang ditunjuk untuk melakukan riset dan pengembangan adalah Honda Ohio Fleet di Ohio, Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung, produsen asal Negeri Samurai itu bahkan telah menggelontorkan dana sebesar US$340 juta. Nantinya, pabrik itu akan memproduksi 200.000 unit mesin per tahun untuk memenuhi permintaan pasar Amerika Utara.

Kendati demikian, Yoshiharu masih belum menginformasikan harga jual serta tanggal peluncuran Honda New Civic bermesin turbo itu. Ia hanya mengatakan unit pertama akan meluncur tak lama lagi. Namun jika melihat Honda Civic model 2015 yang baru diluncurkan akhir 2014 lalu, varian terbarunya dipastikan tak akan meluncur tahun ini.

Seperti telah diketahui, mobil terbaru Honda Civic model 2015 hadir dalam lima varian berbekal mesin SOHC 1.8L empat silinder dengan tenaga maksimal 143 hp. Sedangkan untuk edisi terbatas, Honda juga menciptakan Civic Hybrid yang ditenagai mesin listrik dan mesin I-VTEC berkapasitas 1,5 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 110 hp. Dua model itu menambah sesak segmen sedan yang saat ini telah diisi oleh Toyota Corolla, Toyota Prius, Hyundai Elantra, Ford Focus dan VW Jetta.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif