Sport
Jumat, 13 Maret 2015 - 08:25 WIB

KARIR PEMAIN : Del Bosque Pertahankan Casillas

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Iker Casillas dan pelatih Timnas Spanyol del Bosque berbincang di tengah latihan. Ist/telecinco.es

Karier pemain timnas Spanyol Iker Casillas akan terus berlanjut di bawah pelatih Vicente del Bosque.

Solopos.com, MADRID — Performa kiper Real Madrid, Iker Casillas, terus menurun dalam beberapa laga terakhir. Namun, Pelatih Tim Nasional Spanyol, Vicente del Bosque, memastikan posisi pemain berusia 33 tahun itu aman.

Advertisement

Casillas menjadi salah satu pemain, selain Gareth Bale, yang paling banyak panen hujatan dari para suporter dalam kekalahan Madrid dari Schalke dengan skor 3-4 di laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (11/3/2015).
Meski skuat berjuluk Los Blancos itu tetap lolos dengan agregat 5-4, Casillas dan rekan-rekan satu timnya tetap disambut cacian dari suporter saat hendak meninggalkan Stadion Santiago Bernabeu.

Del Bosque pun menyadari performa kiper andalannya itu memburuk akhir-akhir ini. Kendati demikian, dia tidak ingin buru-buru mencoret Casillas dari daftar skuat polesannya untuk menghadapi kualifikasi Euro 2016.

“Dia [Casillas] tidak bermain dengan baik dan dia mengakui itu. Dia juga menyelamatkan Madrid di akhir laga. Kami tidak harus mengubah formasi skuat hingga kondisinya benar-benar mengkhawatirkan. Saya pikir dia masih berada dalam kondisi yang bagus,” ujar Del Bosque, seperti dilansir Reuters, Kamis (12/3).

Advertisement

Pelatih berusia 64 tahun itu pernah bekerja bersama Casillas saat menukangi Madrid pada musim 1999 dan 2003. Dengan pengalaman tersebut, Del Bosque tentu bisa menakar kemampuan kapten timnya itu.

Akan tetapi, Casillas harus bersaing keras untuk memperebutkan tempat sebagai kiper utama skuat La Roja, julukan Spanyol. Sebab, Del Bosque memiliki sejumlah pilihan menarik sebelum memutuskan memanggil kembali Casillas.

Dia bisa mulai melirik kiper Manchester United, David De Gea, dan penjaga gawang Espanyol, Kiko Casilla, yang tak kalah moncer akhir-akhir ini untuk menempati daftar starting line up Spanyol.

Advertisement

Selama ini, Casillas secara konsisten mempertahankan ban kapten dalam periode sulit yang dilalui La Roja beberapa tahun terakhir. Casillas memegang rekor caps dengan 160 penampilan untuk Spanyol. Dia juga memimpin La Roja memenangi mahkota Eropa pada 2008 dan 2012 serta trofi Piala Dunia 2010.

Pasukan Del Bosque itu akan melanjutkan perjuang kualifikasi Euro 2016 dengan menjamu Ukraina, 27 Maret nanti. Saat ini, Spanyol masih berada di peringkat kedua Grup C dengan torehan sembilan poin dan tertinggal tiga poin dari Slovakia yang bercokol di puncak klasemen. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif