News
Rabu, 11 Maret 2015 - 05:20 WIB

SNMPTN 2015 : UIN Suka Kebanjiran Pendaftar

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogja (JIBI/Harian Jogja/Antara)

SNMPTN 2015 untuk UIN Sunan Kalijaga mengalami kenaikan pendaftar.

Harianjogja.com, JOGJA-Warek 1 UIN Sunan Kalijaga, Sutrisno mengatakan sejak universitasnya bergabung dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPMTN), terjadi kenaikan pendaftar. Tahun lalu prodi agama banyak peminatnya tapi tahun ini ada jalur sendiri khusus penerimaan mahasiswa prodi keagamaan.

Advertisement

“Tahun ini prodi keagamaan masuk jalur SPAN PTKIN [Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri]. Sedangkan prodi umum masuk SNMPTN,” kata Sutrisno, Senin (9/3/2015).

Harapannya, tahun depan bisa bergabung lagi mengingat ada perguruan tinggi umum yang punya program keislaman.

Tahun ini, UIN Sunan Kalijaga membuka kuota mahasiswa baru sebanyak 3727. 1138 untuk jalur SPAN-PTKIN sedang sisanya untuk SNMPTN. Hingga berita ini diturunkan, prodi umum Teknik Informatika masih menduduki peringkat teratas sebagai prodi paling diminati.

Advertisement

Sedangkan UGM akan membuka kuota sebesar 6762. 3381 di antaranya untuk jalur SNMPTN dan sisanya untuk jalur SBMPTN, Seleksi Ujian Tulis UGM (UTUL), Seleksi Penelusuran Bibit Unggul dan Seleksi Program Internasional. Prodi IPS yang paling diminati adalah Managemen sedangkan untuk IPA adalah Farmasi.

Sementara UNY membuka kuota penerimaan 4580 yang terdiri dari jalur SNMPTN 2290, SBMPTN 1374, dan jalur mandiri 916. Prodi dengan minat tertinggi sementara adalah managemen, pendidikan Teknik Informatika dan PGSD.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif