Soloraya
Selasa, 10 Maret 2015 - 20:55 WIB

RAILBUS BATARA KRESNA : Besok Railbus Meluncur, Warga Surabaya pun Penasaran

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas PT KAI memeriksa kesiapan Railbus Batara Kresna di Dipo Lokomotif Solobalapan DAOP VI, Solo, Selasa (10/3/2015). Petugas memastikan kesiapan terakhir mesin dan perlengkapan fasilitas Railbus Batara Kresna untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang saat launching pada 11 Maret 2015. (Ivanovic Aldino/JIBI/Solopos)

Railbus Batara Kresna, 11 Maret 2015 meluncur setelah dua tahun “tidur”. Menempuh rute Solo-Wonogiri, railbus dinanti khalayak banyak.

Solopos.com, SOLO – Railbus Batara Kresna tak hanya dinanti warga Soloraya, termasuk luar kota. Istimewa? Iya railbus ini merupakan satu-satunya kereta yang meluncur di tengah kota!

Advertisement

Telepon di meja redaksi Solopos.com beberapa pekan lalu berdering. Di ujung telepon, Agus warga Surabaya menanyakan informasi yang ingin diketahuinya. “Maaf, saya mau tanya jadwal railbus itu jam berapa saja ya? Saya dan keluarga sudah menanti-nanti pengin nyoba,” kata Agus.

Redaksi Solopos.com pun memberikan penjelasan seputar mengenai Railbus Batara Kresna yang melayani rute Solo-Wonogiri. Agus mengaku mendapat informasi tersebut dari media online.

Satu hal yang membuatnya penasaran dengan Railbus Batara Kresna. Menurut dia, Batara Kresna merupakan satu-satunya railbus di Indonesia bahkan bisa jadi di dunia yang lewat tengah kota.

Advertisement

“Kalau lewat tengah kota kan memang sudah biasa. Tapi lewat tengah kota naik kereta itu baru kali pertama. Makanya, begitu diluncurkan saya dan keluarga mau jajal,” pungkasnya.

Kini Railbus Batara Kresna siap beroperasi melewati rute Solo-Wonogiri setelah 2 tahun tidur.  Melewati lima stasiun yakni Purwosari-Solo Kota (Sangkrah)-Sukoharjo-Nguter-Wonogiri,  Railbus Batara Kresna mematok tarif Rp4.000. Jadwal Railbus Batara Kresna dua kali PP Solo-Wonogiri. (Baca Juga: Jadwal Railbus Batara Kresna)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bahkan menggratiskan tiket perjalanan railbus Solo-Wonogiri itu selama tiga hari, Rabu-Jumat (11-13/3/2015).

Advertisement

Kebijakan pembebasan tiket perjalanan dipastikan dengan turunnya surat dari Dirjen Kereta Api Kementerian Perhubungan No.KA.005/A/100/DJKA/3/15 tertanggal 9 Maret 2015.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daops VI Jogja, Gatut Sutiyatmoko, tiket gratis Railbus dapat diakses di setiap stasiun yang disinggahi railbus yakni Stasiun Purwosari, Stasiun Sangkrah, Stasiun Nguter, Stasiun Sukoharjo, Stasiun Wonogiri.

“Ini bentuk apresiasi kepada masyarakat Jawa Tengah. Kebijakan ini juga sekaligus promosi agar railbus diminati warga,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa (10/3/2015).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif