News
Selasa, 10 Maret 2015 - 05:20 WIB

KAMPUS JOGJA : Kuota Mahasiswa Kedokteran UKDW Turun

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi dokter (Dok/JIBI)

Kampus Jogja, UKDW mengurangi kuota mahasiswa kedokteran.

Harianjogja.com, JOGJA-Penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Jogja untuk tahun ajaran 2015-2016 ini mengalami penurunan. Tahun ini, kuota hanya dibatasi sekitar 50 mahasiswa.

Advertisement

“Tahun lalu [2014-2015] terima 100 mahasiswa tapi tahun ini hanya 50 sampai 60 saja,” tutur dekan FK UKDW, JW. Siagian, kepada Harianjogja.com belum lama ini.

Penurunan tersebut bukan karena kurangnya minat lulusan SMA/SMK pada kedokteran UKDW melainkan untuk memperketat seleksi demi meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, sejak berdiri enam tahun lalu, FK UKDW belum meluluskan mahasiswanya sehingga Universitas tidak berani membuka kesempatan bagi ratusan mahasiswa.

Saat ini, 17 mahasiswa FK tengah mengikuti program pendidikan profesi di beberapa rumah sakit. Sebelumnya mereka telah menyelesaikan Program Pendidikan Kedokteran selama empat tahun dan bergelar Sarjana Kedokteran. Namun untuk menjadi seorang dokter, mereka harus melanjutkan Program Pendidikan Profesi Dokter selama dua tahun dan diakhiri ujian.

Advertisement

“Mereka selesai praktik baru Mei ini dan Agustus nanti akan ada ujian. Kalau lulus semua kita bisa tingkatkan kuota penerimaan di tahun ajaran mendatang menjadi 100 tapi kalau di bawah itu paling hanya 70,” kata Siagian.

Sementara HUMAS UKDW, Andi, mengatakan bahwa pembatasan kuota mahasiswa baru juga untuk memperhatikan aspek okupansi kampus seperti lahan parkir. “Masing-masing Prodi dibatasi 100 saja karena kita tidak punya lahan parkir yang luas,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif