Otomotif
Senin, 9 Maret 2015 - 18:10 WIB

KOMPARASI MOTOR : Soul GT Blue Core vs New Vario 125 ESP, Beda di Tarikan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha Soul GT 125 Blue Core. (yamaha-motor.co.id)

Komparasi motor menyoroti persaingan sengit antara Yamaha  Soul GT Blue Core melawan Honda New Vario 125 ESP.

Solopos.com, SOLO – Persaingan ketat di segmen skuter matik (skutik) kelas 125 cc dipanaskan dengan hadirnya para pendatang baru, Yamaha Soul GT Blue Core dan Honda New Vario 125 ESP. Jika di adu, siapa yang lebih unggul pada komparasi motor kali ini?

Advertisement

Pasar skutik yang mulai tumbuh, merangsang dua rival abadi asal Jepang meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah Mio M3, Yamaha juga meluncurkan Soul GT yang dibekali mesin 125 cc berteknologi Blue Core. Sementara Honda, meski kehadirannya tertutup oleh ketenaran Vario 150, New Vario 125 ESP juga telah diresmi diniagakan sejak Januari 2015 lalu.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Minggu (8/3/2015), berikut ini komparasi motor dari berbagai aspek antara Yamaha Soul GT Blue Core dan Honda New Vario 125 ESP:

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Minggu (8/3/2015), berikut ini komparasi motor dari berbagai aspek antara Yamaha Soul GT Blue Core dan Honda New Vario 125 ESP:

Komparasi Desain
Dilihat dari segi desain, kedua skutik 125 cc itu memiliki tampilan yang modern, futuristik dan penuh garis-garis tajam. Dari segi dimensi dan jarak ke tanah, keduanya juga tak memiliki perbedaan yang berarti.

Perbedaan terbersar antar keduanya terletak pada bentuk headlamp. Soul GT Blue Core memiliki desain headlamp tunggal dengan tatapan tajam yang terbagi dalam dua bagian. Sedangkan New Vario 125 ESP memiliki desain dual headlamp sipit yang terbagi dalam empat bagian. Kedua skutik itu juga telah menggunakan lampu LED yang lebih terang dan hemat daya.

Advertisement

Selain itu, keduanya memiliki bagasi berkapasitas besar hingga mampu memuat sebuah helm half face.

Komparasi Performa
Meski mengusung mesin dengan kapasitas yang sama, keduanya memiliki performa yang berbeda. Di atas kertas,  New Vario 125 ESP lebih unggul dengan semburan tenaga sebesar 11 horse power (hp) pada putaran 8.500 rpm dengan torsi 10 Nm. Sedangkan Soul GT Blue Core hanya memiliki tenaga 9 hp dan torsi 9,6 Nm.

Namun dari hasil test ride, akselerasi Soul GT Blue Core pada putaran bawah lebih galak. Sedangkan tenaga New Vario 125 ESP cenderung stabil dan baru terasa pada putaran atas. Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh perbedaan pengaturan sistem fuel injection dan bobot roller yang digunakan.

Advertisement

Dalah hal keiritan, Honda mengklaim New Vario 125 ESP dengan tangki berkapasitas 5,5 liter mampu berjalan sejauh 59,5 km dengan satu liter bahan bakar. Sementara, Soul GT Blue Core dengan tangki 4,2 liter, mampu berjalan sejauh 47,6 km dengan seliter bahan bakar.

Komparasi Harga
Dari segi harga jual, Yamaha Soul GT Blue Core dibanderol lebih murah, yakni Rp15,1 juta per unit. Sementara, Honda New Vario 125 ESP dijual seharga Rp16,9 juta per unit untuk varian standar. Sedangkan untuk varian dengan tambahan fitur idling stop system (ISS), harganya lebih mahal sekitar Rp600.000, yakni Rp 17,5 juta. Fitur tersebut diklaim mampu menghemat bahan bakar sekitar tujuh persen.

Kesimpulan
Yamaha Soul GT Blue Core memiliki headlamp tunggal, bobot lebih ringan, harga lebih murah, akselerasi awal yang galak namun dengan tangki yang lebih kecil, dan konsumsi bahan bakar sekitar 47,6 km/liter.

Advertisement

Sedangkan, Honda New Vario 125 ESP memiliki dual headlamp, akselerasi yang cenderung stabil, konsumsi bahan bakar lebih irit, yakni 59,5 km/liter dan tangki yang lebih besar. Namun, harga jualnya lebih mahal terlebih untuk varian dengan fitur ISS.

Vario 125 ESP (Astrahonda.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif