Jogja
Senin, 9 Maret 2015 - 13:40 WIB

CPNS 2015 : Kulonprogo Kekurangan Ratusan Guru

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru kelas SD. (JIBI/Solopos/Dok.)

CPNS 2015 di Kulonprogo masih belum jelas, meskipun Pemerintah setempat telah kekurangan tenaga guru

Harianjogja.com, KULONPROGO- Penambahan PNS di lingkungan Pemkab Kulonprogo mendesak dilakukan, mengingat kebutuhan sumber daya manusia yang semakin banyak.

Advertisement

Kabid Perencanaan dan Pengembangan BKD Kulonprogo Sarji mengungkapkan, tahun ini Pemkab menghadapi pembentukan SKPD baru dan terus berkurangnya SDM, baik di pelayanan dasar maupun layanan teknis.

Dia mengatakan, adanya rencana pemisahan bidang kebudayaan di Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) tak dipungkiri memerlukan banyak SDM.

“Apalagi tahun ini setiap bulan ada PNS yang pensiun. Secara otomatis SDM terus berkurang, terutama di lingkungan pendidikan. Banyak kepala sekolah dan guru yang pensiun,” ujar Sarji, Minggu (8/3/2015).

Advertisement

Jumlah PNS yang pensiun pada 2015 mencapai 150 orang.

Kekurangan pegawai yang dialami Kulonprogo sebagian besar ada di pelayanan pendidikan. “Terbanyak PNS pensiun adalah guru,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kulonprogo Sumarsono mengakui, kebutuhan guru khususnya di jenjang sekolah dasar sangat besar.

Advertisement

Hingga Januari 2015, tercatat jumlah kekurangan guru mencapai 189 orang. Sebagian besar adalah guru kelas, sehingga untuk menutupi kekurangan itu sejumlah guru harus bekerja ekstra.

Sumarsono memaparkan, menutup kekurangan pengajar dengan menambah jam pelajaran yang diampu oleh guru menjadi satu-satunya solusi saat ini. Bahkan, kepala sekolah yang diwajibkan mengajar enam jam dalam sehari, harus turun tangan menambah jam mengajar.

“Layanan tetap harus jalan meski SDM kurang. Namun, pada prinsipnya kami sudah mengajukan kekurangan itu ke BKD. Tak hanya di SD, kekurangan guru juga ada di jenjang menengah, tapi tidak banyak,” kata Sumarsono.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif