News
Minggu, 8 Maret 2015 - 09:30 WIB

KONFERCAB PDIP JATENG : Petahana Dominasi Ketua PDIP 2015-2020

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo PDIP (JIBI/Dok)

Konfercab PDIP Jateng 35 kabupaten/kota digelar di Semarang.

Solopos.com, SEMARANG — Ketua DPC PDI Perjuangan periode 2015-2020 di wilayah Soloraya didominasi incumbent atau petahana. Hal ini terungkap dalam konferensi cabang (konfercab) DPC kabupaten/kota yang digelar serentak di Kantor DPD PDI Perjuangan, Panti Marhaen, Kota Semarang, Sabtu (7/3/2015).

Advertisement

Sementara itu, pelaksanaan Konfercab DPC PDI Perjuangan Sukoharjo ditunda karena Ketua DPC, Wardoyo Wijaya sedang melakukan ibadah umroh di Tanah Suci Mekah.

“Ya, untuk Konfercab DPC PDI Perjuangan Sukoharjo ditunda, karena ketua DPC sedang umroh,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah (Jateng), Agustina Wilujeng kepada Espos di sela pelaksanaan konfercab.

Advertisement

“Ya, untuk Konfercab DPC PDI Perjuangan Sukoharjo ditunda, karena ketua DPC sedang umroh,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah (Jateng), Agustina Wilujeng kepada Espos di sela pelaksanaan konfercab.

Penundaan pelaksanaan konfercab DPC PDI Perjuangan Sukoharjo tersebut telah mendapatkan izin dari DPP. Mengenai sampai kapan penundaan, dia menyatakan menunggu sampai kepulangan Ketua DPC Sukoharjo ke Tanah Air. Penundaan tidak bisa terlalu lama, karena 14 Maret sudah berlangsung Koferensi Daerah (Konferda) DPD PDI Perjuangan Jateng.

“Pelaksanaan Kofercab DPC PDI Perjuangan Sukoharjo harus sudah digelar sebelum 14 Maret,” imbuhnya.

Advertisement

Sampai sore hari telah merampungkan 24 konfercab kabupaten/kota, antara lain Kota Semarang, Temanggung, Brebes, Boyolali, Sragen, dan Wonogiri, dengan menghasilkan ketua dan susunan kepengerusan periode 2015-2020.

Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com, petahanan Ketua DPC PDI Perjuangan di wilayah Soloraya terpilih kembali sebagai ketua, masing-masing Ketua DPC Perjuangan Boyolali kembali dijabat S. Paryanto.

Demikian pula dengan Ketua DPC PDI Perjuangan Sragen kembali diduduki Bambang Samekto, dan Ketua DPC PDI Perjuangan Wonogiri kembali dijabat Joko Sutopo.

Advertisement

Mereka kembali menduduki kursi ketua partai berlambang banteng moncong putih dalam lingkaran setelah mendapat rekomendasi dari DPP dan terpilih melalui pemilihan yang berlangsung secara musyawarah untuk mencapai mufakat.

Mekanisme pemilihan ketua dalam Konfercab DPC PDI Perjuangan 2015 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan melalui voting atau pemungutan suara oleh para peserta yang berasal dari pengurus anak cabang (PAC).

Pada konfercab tahun ini, tiga nama calon ketua DPC yang mendapatkan rekomendasi dari DPP melakukan musyawarah untuk mencapai kata mufakat di antara mereka bertiga menentukan sipapa menduduki ketua DPC.

Advertisement

“Alhamdulillah, pelaksanaan pemilihan ketua DPC dalam konfercab berlangsung dengan lancar. Melalui musyawarah dan mufakat,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Heru Sudjatmoko.

Melalui mekanisme pemilihan musyawarah dan mufakat ini, pelaksanaan konfercab dan pemilihan ketua DPC berlangsung cepat, tidak berlarut-larut. Rata-rata membutuhkan waktu sekitar 40 menit sudah rampung.

Untuk pelaksanaan konfercab dan pemilihan ketua DPC PDI Perjuangan Wonogiri yang dipimpin Sekretaris DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng bahkan berlangsung cukup singkat, hanya sekitar 20 menit.

Sementara itu, untuk pelaksanaan konfercab dan pemilihan Ketua DPC PDI Perjuangan Solo, Karanganyar, dan Klaten akan dilaksanakan pada malam hari.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif