Soloraya
Sabtu, 7 Maret 2015 - 06:10 WIB

WISATA KARANGANYAR : Pemugaran Candi Sukuh Bakal Melibatkan Tim Khusus

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Candi Sukuh (ilustrasi/JIBI/Sunaryo Haryo Bayu/dok)

Wisata Karanganyar Candi Sukuh bakal dipugar dengan melibatkan tim khusus.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemugaran wisata Karanganyar Candi Sukuh diperkirakan dilakukan pada akhir Maret 2015. Saat ini tim pemugaran Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB ) Jawa Tengah (Jateng) masih melakukan persiapan, salah satunya membentuk tim khusus.

Advertisement

“Untuk pemugaran Candi Sukuh memang sudah direncanakan. Namun, saat ini masih persiapan. Kemungkinan akhir Maret baru dilaksanakan,” kata Penanggung Jawab Publikasi dan Pemanfaatan BPCB Jateng, Wahyu Kristanto, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (6/3/2015), terkait pemugaran salah satu wisata Karanganyar itu.

Dia mengatakan BPCB sudah membentuk tim khusus untuk kegiatan pemugaran wisata Karanganyar itu. Tapi, ada beberapa kegiatan berkaitan dengan pelestarian cagar budaya lainnya yang juga harus dijalankan tahun ini sehingga butuh persiapan. “Butuh persiapan matang dan pembagian sumber daya manusia,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, tahun ini BPCB Jateng sudah mengalokasikan dana untuk pemugaran Candi Sukuh. Pemugaran diperlukan untuk mengatasi kondisi struktur candi yang sudah mulai menggelembung dan terancam ambles.

Advertisement

Wahyu memastikan para pengunjung masih dibolehkan memasuki area candi saat pemugaran berjalan, kecuali pada kawasan candi utama. Pemugaran hanya akan dilakukan pada candi utama. “Pemugaran akan dilakukan secara total pada bangunan utama. Jadi selama pemugaran, bangunan inti akan ditutup untuk pengunjung. Sedangkan untuk bagian pelataran dan area candi yang lain masih dibuka untuk umum.” kata dia.

Dana awal untuk pemugaran situs wisata Karanganyar itu dianggarkan Rp1,043 miliar. “Itu [anggaran] hanya untuk tahap pertama yang akan dikerjakan pada Maret hingga Oktober,” kata Kepala BPCB Jateng, Sri Ediningsih, belum lama ini. Sedangkan pemasangan kembali batu-batu candi akan dilakukan pada 2016.

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif