Otomotif
Sabtu, 7 Maret 2015 - 07:10 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA : Begini Performa Yamaha Soul GT 125, Lebih Galak!

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha Soul GT 125 Blue Core. (Yamahamotor.co.id)

Sepeda motor Yamaha Soul GT 125 Blue Core lebih unggul dari Mio M3 di beberapa sektor.

Solopos.com, JAKARTA – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan varian terbaru Yamaha Soul GT. Dibekali teknologi Blue Core, kapasitas mesinnya pun meningkat menjadi 125 cc. Namun banyak pihak menyebut rasa Soul GT 125 tak berbeda jauh dari Mio M3, benarkah?

Advertisement

Berdasarkan hasil uji test ride, sepeda motor Yamaha Soul GT 125 Blue Core memiliki tarikan yang lebih galak dibanding Mio M3 meski mengusung mesin dan teknologi yang sama.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com berbagai sumber, berikut ini adalah kesan pertama saat mencicipi sepeda motor Yamaha Soul GT 125 Blue Core.

Performa Yamaha Soul GT 125
Sepeda motor Yamaha Soul GT 125 Blue Core merupkan skuter matik (skutik) city commuter kedua yang diluncurkan oleh YIMM setelah Mio M3. Dengan fungsi tersebut, perlu dicatat bahwa skutik seharga Rp15,1 juta itu dirancang untuk penggunaan harian di daerah perkotaan.

Advertisement

Hasil test ride yang dilansir Liputan6, Rabu (4/3/2015), menyebutkan, dengan mesin 125 cc dan teknologi Blue Core, tenaga sepeda motor Yamaha Soul GT 125 sudah dapat dirasakan pada putaran bawah. Namun, ketika digunakan pada putaran menengah dan atas, tenaganya terasa kurang.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pakar otomotif pemilik situs TMCBlog, Taufik Hidayat. Ia menyebutkan YIMM tak berbohong saat mengatakan akselerasi Yamaha Soul GT 125 lebih galak dari Mio M3. Taufik menduga, tarikan yang lebih galak itu disebabkan oleh setingan roller dan fuel injection yang berbeda.

Hal tersebut juga sesuai spesifikasi yang ditulis YIMM bahwa mesin Yamaha Soul GT 125 mampu menyemburkan tenaga sebesar 9,38 hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Performa itu dinilai sesuai dengan karakter stop and go pada jalanan perkotaan yang yang lebih mementingkan tarikan dan akselerasi di putaran bawah.

Advertisement

Sama seperti pada Mio M3, pada Soul GT 125, pengendara juga akan dimanjakan oleh lampu indikator eco riding. Lampu itu akan menyala pada kecepatan 10-50 km/jam yang menandakan kecepatan tersebut memenuhi syarat untuk menghemat bahan bakar.

Handling Yamaha Soul GT 125
Dalam hal kestabilan saat dikendarai, handling sepeda motor Yamaha Soul GT 125 cukup baik dan lincah saat dibawa bermanuver dalam kecepatan tinggi. Alasannya, skutik terbaru Yamaha itu memiliki ergonomi yang proporsional dan bodi yang ramping. Jok dengan busa empuk yang berjarak 760 mm dari tanah juga menambah kenyamanan saat melintasi jalanan bergelombang.

Saat digunakan untuk berbelok tajam, suspensi terasa anteng seperti halnya pada Mio M3. Sedangkan pada sektor pengereman, sepeda motor Soul GT 125 berteknologi Blue Core itu sangat responsif ketika tuas rem ditarik.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif