Soloraya
Sabtu, 7 Maret 2015 - 02:10 WIB

PILKADA WONOGIRI 2015 : Mantan Sekda Mendaftar Cawabup ke PDIP

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mantan Sekda Wonogiri, Suprapto (kanan) menyerahkan berkas Calon Wakil Bupati ke Sekretariat DPC PDIP Wonogiri, Jumat (6/3/2015). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Pilkada Wonogiri 2015 mantan sekretaris daerah mendaftar menjadi cawabub PDIP.

Solopos.com, WONOGIRI — Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Suprapto, mendaftar jadi calon wakil bupati (cawabup) di Pilkada Wonogiri 2015 ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Advertisement

Ia menjadi orang pertama yang mengembalikan formulir pendaftaran cawabup Pilkada Wonogiri 2015 ke Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Wonogiri di Bulusulur, Wonogiri. Suprapto mengambil berkas pendaftaran pada Kamis (5/3/2015) dan mengembalikannya Jumat (6/3/2015) sekitar pukul 15.05 WIB.

Dia datang sendirian dan diterima petugas kesekretariatan DPC PDIP Wonogiri, Endang Lestari. Diwawancarai Solopos.com seusai menerima pengembalian berkas dari Suprapto, Endang mengatakan hingga hari itu total ada enam orang yang mengambil formulir pendaftaran.

Advertisement

Dia datang sendirian dan diterima petugas kesekretariatan DPC PDIP Wonogiri, Endang Lestari. Diwawancarai Solopos.com seusai menerima pengembalian berkas dari Suprapto, Endang mengatakan hingga hari itu total ada enam orang yang mengambil formulir pendaftaran.

Dari keenam orang itu, satu orang mengambil berkas pendaftaran calon bupati (cabup) dan lima orang mengambil berkas cawabup. “Dari enam berkas yang diambil orang baru satu yang dikembalikan, yaitu oleh Pak Suprapto untuk posisi cawabup,” jelas dia.

Suprapto mengambil sendiri berkas cawabup itu. “Pola pendaftaran calon tahun ini berbeda dengan lima tahun lalu. Jadi saya mengambil sendiri untuk posisi cawabup. Berbeda dengan lima tahun lalu di mana pendaftaran calon sudah berpasangan.”

Advertisement

Terpisah, Sekretaris DPC PDIP Wonogiri, Setyo Sukarno, mengatakan Sekretariat DPC PDIP Wonogiri akan tutup sehari penuh pada Sabtu (7/3/2015) ini karena petugas sekretariat dan pengurus partai berangkat ke Semarang untuk mengikuti Konferensi Cabang (Konfercab) PDIP. “Utusan atau calon yang telah mengambil berkas dan akan mengembalikannya mohon ditunda sehari,” ujar dia.

Konfercab PDIP untuk memilih Ketua DPC PDIP digelar di Kantor DPD PDIP Jateng di Semarang, Sabtu. Pengurus DPC PDIP Wonogiri dan utusan 25 Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Wonogiri secara berombongan akan berangkat ke Semarang Sabtu pagi.

“Konfercab PDIP Wonogiri di Semarang mendapatkan jadwal pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB. Konfercab digelar bergiliran dengan kabupaten/kota lain di Jateng.”

Advertisement

Sebelumnya, enam kandidat telah mengikuti tes seleksi calon Ketua DPC PDIP Wonogiri. Mereka adalah incumbent Joko Sutopo, pengurus DPC PDIP Setyo Sukarno, Sriyono, dan Gimanto, serta dua kader PDIP Sugeng Prihanto dan Bupati Wonogiri Danar Rahmanto.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Nasdem Wonogiri, Sunyoto, mengatakan hingga hari terakhir masa pendaftaran, Jumat, tidak ada tambahan pendaftar. “Berkas cawabup Agung Nugroho yang telah dikembalikan beberapa hari lalu, tadi siang sudah kami kirim ke DPP Partai Nasdem. Partai Nasdem Wonogiri tidak memperpanjang lagi masa pendaftaran. Seorang pendaftar itulah yang dikirim,” jelas dia kepada Solopos.com, Jumat (6/3/2015).

Diberitakan sebelumnya, DPD Partai Nasdem Wonogiri menerima berkas pendaftaran dari seorang wiraswastawan asal Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Agung Nugroho Pudyananto, 50. Agung mendaftar sebagai cawabup. Ketua tim penjaringan Partai Nasdem Wonogiri, Sutikno ditemui Solopos.com, Selasa (3/3/2015), di Kantor Sekretariat Partai Nasdem Wonogiri, mengatakan ada dua orang yang mengambil formulir namun baru satu yang mengembalikan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif