Teknologi
Jumat, 6 Maret 2015 - 18:30 WIB

MWC 2015 : Awas, Alat Ini Bisa Deteksi Penyakit Lewat Bau Mulut

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Boyd Sense Sensor (Dailymail.co.uk)

MWC 2015 digelar di Barcelona. Sebuah sensor mampu mendeteksi penyakit melalui bau mulut yang dikeluarkan seseorang.

Solopos.com, BARCELONA – Ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol, tidak hanya menampilkan gadget teranyar saja. Sebuah teknologi terbaru juga dipamerkan di event tersebut.

Advertisement

Seperti dilansir Dailymail, Senin (2/3/2015), sebuah sensor besutan perusahaan yang berbasi di San Fransisco, Body Sense, mampu mendeteksi penyakit dari bau mulut. Sensor tersebut juga tersedia dalam bentuk perangkat lunak yang bisa ditanamkan di smartphone.

Melalui sensor tersebut pengguna bisa mendeteksi kondisi tubuhnya dengan mendekatkan sensor ke mulut. Dari situ sensor akan mengidentifikasi gas serta molekul yang dikeluarkan seseorang melalui napas. Hasil identifikasi nanti bisa memungkinkan pengguna melakukan penanganan sendiri terhadap penyakitnya.

Selain itu, pengguna juga bisa memilihi hasil identifikasi tersebut diserahkan ke dokter untuk meminta saran penanganan. Sensor itu bekerja menggunakan software serta algoritme canggih yang mampu menungkap anomali dalam tubuh.

Advertisement

Perwakilan Body Sense, Thuillier, mengatakan selain mampu mendeteksi penyakit melalui bau mulut, sensor tersebut juga mampu mendeteksi kondisi makanan. Sensor tersebut bisa ditempatkan di lemari es untuk mendeteksi batas konsumsi makanan melalui bau yang dikeluarkan.

“Saya senang bisa membantu perusahaan dalam menciptakan sebuah sensor penginderaan multi-bio. Sensor tersebut mampu mendeteksi dan menganalisis biosignatures. Platform ini semoga dapat meningkatkan konsumen mengelola kesehatan mereka,” kata Thuillier.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif