Otomotif
Rabu, 4 Maret 2015 - 00:10 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA : R15 Dipastikan Enggak Kebagian Rem ABS

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Launching Yamaha YZF R15 di SGM Solo, Sabtu (4/5/2014) malam. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Sepeda motor Yamaha R15 dipastikan tak akan mendapat fitur rem ABS karena dianggap bertenaga kecil.

Solopos.com, JAKARTA – Yamaha Indonesia baru saja meluncurkan varian terbaru dari keluarga R Series, yakni R25 anti-lock breaking system (ABS). Namun, fitur rem penunjang keselamatan berkendara itu tampaknya tak akan dipasang pada sepeda motor Yamaha R15 karena Motor Manufacturing (YIMM )menganggap tenaganya masih terhitung kecil.

Advertisement

Dilansir Detik, Selasa (3/3/2015), menurut General Manager After Sales & Motorsport YIMM, M Abidin, menuturkan hingga saat ini pihaknya belum berniat mengeluarkan sepeda motor Yamaha R15 versi ABS. Sebab, fitur ABS hanya bisa maksimal untuk motor berkubikasi besar.

“Sampai saat ini R15 belum ada rencana pakai ABS. Kalau R15 kan power-nya kecil, buat apaan ABS?” kata Abidin usai peluncuran Yamaha R25 ABS di Kompleks Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Abidin juga menambahkan, pengendara motor (biker) yang menjadi sasaran penjualan motor dengan fitur ABS dan motor non-ABS berbeda. Fitur pengereman yang anti terkunci itu lebih dibutuhkan oleh para biker yang hobi kebut-kebutan namun ingin tetap terjamin keselamatannya. Sedangkan bagi biker yang ingin santai, mereka sudah cukup memakai varian non-ABS.

Advertisement

“Karena segmen motor ABS dengan non-ABS itu beda. Beda Rp 1 juta aja udah beda lagi segmennya. Tidak semua orang butuh ABS. Ada sebagian konsumen yang cukup memainkan tangannya saat pengereman,” tambah M Abidin.

Dengan pernyataan itu, YIMM berarti menganulir pernyataannya akhir tahun lalu dalam peluncuran sepeda Yamaha Mio M3. Saat itu produsen berlambang garpu tala itu menyebutkan seluruh varian motor sport lansirannya bakal memakai rem ABS.

Seperti diketahui, sepeda motor Yamaha R15 telah mengaspal di Indonesia sejak Mei 2014 lalu. Motor sport  dual disc brake yang diproduksi di kawasan Pulo Gadung, Jakarta itu mengusung mesin SOHC 150 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 16,67 hp dan torsi 15 Nm. Di jalanan Indonesia, kendaraan full fairing itu bersaing ketat dengan Honda CBR 150 dan Kawasaki RR Mono.

Advertisement

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif