News
Rabu, 4 Maret 2015 - 10:15 WIB

HUKUMAN MATI : "Eksekusi Mati, Australia Harus Jamin Keamanan Diplomat RI"

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Prof. Hikmahanto Juwana (kabinetkita.org)

Hukuman mati diprotes sejumlah negara termasuk Australia. Namun demikian Australia tetap wajib menjamin keamanan diplomat RI di sana.

Solopos.com, JAKARTA – Menjelang pelaksanaan hukuman mati terhadap dua anggota Bali Nine berkewarganegaraan Australia, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana menegaskan Australia harus tetap menjamin keamanan diplomat RI di negaranya.

Advertisement

“Pemerintah Indonesia perlu meminta Pemerintah Australia dan kepolisiannya untuk memberi jaminan keamanan bagi semua kantor perwakilan Indonesia di Australia menjelang pelaksanaan hukuman mati,” katanya di Jakarta, Rabu (4/3/2015).

Dia mengatakan dalam hubungan diplomasi antarnegara, negara penerima perwakilan suatu negara wajib menjamin keamanan dari perwakilan suatu negara, tidak saja para diplomatnya, tetapi juga wilayah kantor perwakilan.

Indonesia, menurut dia, telah melakukan kewajiban ini dengan menempatkan sejumlah anggota Polri baik di kedutaan perwakilan negara sahabat maupun kediaman kepala perwakilan.

Advertisement

“Hal yang sama perlu dilakukan oleh otoritas Australia menjelang pelaksanaan hukuman mati,” ujar dia.

Dia menegaskan pemerintah Australia akan dipersalahkan dan bertanggung jawab secara hukum internasional bila gagal menjamin keselamatan para diplomat Indonesia dan keamanan di kantor perwakilan.

Lebih lanjut Hikmahanto menyampaikan pascakejadian pelemparan cairan merah ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney, publik di Indonesia hendaknya tidak terpancing.

Advertisement

Yang terpenting, kata Hikmahanto, apa pun tindakan tersebut, termasuk teror yang ditujukan kepada warga Indonesia, pemerintah tidak goyah dalam kebijakan pelaksanaan hukuman mati yang diperkirakan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif