News
Rabu, 4 Maret 2015 - 13:45 WIB

BEGAL MOTOR : Begal “Dibegal” Solo Ternyata Rekayasa, Ini Video Aslinya

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rekaman CCTV saat Begal Dibegal (Istimewa/Youtube)

Begal motor kocak dalam sebuah video yang disebut-sebut dari rekaman CCTV dituding rekayasa.

Solopos.com, SOLO – Masih ingat video begal yang justru “dibegal” korbannya saat beraksi? Sempat menjadi pergunjingan panas, belakangan video ini diketahui adalah rekayasa.

Advertisement

Video kocak muncul di situs Youtube. Video yang disebut-sebut berasal dari rekaman kamera closed circuit television (CCTV) itu memperlihatkan seorang begal yang ketinggalan motor saat merampas barang bawaan seorang wanita.

Video ini muncul kali pertama banyak dibicarakan melalui sebuah postingan di Facebook. Rupanya rekaman ini diambil dari video parodi yang dibikin oleh salah satu akun di Youtube.

Advertisement

Video ini muncul kali pertama banyak dibicarakan melalui sebuah postingan di Facebook. Rupanya rekaman ini diambil dari video parodi yang dibikin oleh salah satu akun di Youtube.

Rekaman begal muncul dengan format yang cukup beragam. Versi aslinya telah dipotong pada bagian credit title dan ditampilkan seolah-olah kejadian nyata. Sedangkan beberapa bahkan video memiliki credit title yang berbeda-beda.

Diantara video serupa yang cukup populer diunggah akun Arena Bermain. Akun ini tidak menyertakan credit title dan keterangan bahwa video itu rekayasa.

Advertisement

Video berdurasi 57 detik diunggah Wewe Sani di https://www.youtube.com/watch?v=aNTOy2g5Xrc pada 27 Februari 2015. Video ini diyakini yang paling awal diunggah.

Video dibuka dengan tulisan Criminal Time. Pada akhir video ditutup dengan credit title yang menunjukkan pemeran bernama Bob “Dhylan” dan Shol “Lika”. Video dibuat Wewe Sani dan Clingoes Studio.

Wewe Sani mengakui video ini hanya untuk bersenang-senang. Sayangnya ketika diunggah di Facebook, video justru dipotong dan diberi keterangan yang terbilang menyesatkan.

Advertisement

“Heran..susah banget hargain karya orang…ngeshare video asli yang ada creditsnya aja susah banget. pake di trim trim segala creditnya *kreator naik pitam,” tulis Gamaray Julian di kolom komentar.

Dari rekaman CCTV itu terlihat aksi kejahatan terjadi siang hari di sebuah gang. Kejadian bermula saat korban yang seorang perempuan berjalan memasuki gang.

Dari arah berlawanan, datang pelaku penjambretan dengan menggunakan sepeda motor. Setelah memarkir sepeda motornya, pelaku yang beraksi seorang diri kemudian merampas paksa tas berwarna putih yang digenggam korban.

Advertisement

Setelah berhasil merebut tas korban, pelaku kemudian berlari ke arah dalam gang, dan meninggalkan motornya. Melihat pelaku meninggalkan motornya, korban kemudian membawa lari kendaraan roda dua tersebut.

Aksi begal kocak ini lantas langsung ramai dibicarakan di berbagai jejaring sosial. Meski begitu, tak sedikit yang meyakini video itu adalah rekayasa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif