Otomotif
Selasa, 3 Maret 2015 - 07:10 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA : Resmi Meluncur, R25 ABS Punya 91 Komponen Baru

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha R25 ABS (Liputan6.com)

Sepeda motor Yamaha R25 ABS dilengkapi dengan sejumlah komponen baru yang membuatnya berbeda dari versi non-ABS.

Solopos.com, JAKARTA – Yamaha Indonesia resmi merilis sepeda motor Yamaha R25 berbekal Anti-lock Brake System (ABS). Kabarnya, kuda besi seharga Rp59 jutaan itu memiliki 91 komponen baru yang tak ada pada versi non-ABS, apa saja?

Advertisement

Dilansir Liputan6, Senin (2/3/2015), peluncuran Yamaha R25 ABS telah diprediksi banyak pihak. Sebab, sejak R25 non-ABS diluncurkan di Indonesia, YIMM sebenarnya telah memproduksi R25 ABS untuk diekspor ke Jepang.

M Abidin selaku Manajer Umum Purnajual dan Motorsport YIMM mengungkapkan terdapat sejumlah perbedaan yang terdapat pada Yamaha R25 ABS dari pendahulunya. Selain harganya yang lebih mahal Rp6 juta, terdapat 91 komponen baru dan warna spesial yang diaplikasikan pada kendaraan full fairing itu.

“Perbedaannya pada main color, yaitu biru dan silver pada versi ABS. Ada 91 item sparepart yang berbeda dengan R25 yang standar. Perbedaan yang paling pokok misalnya terletak pada engine control unit (ECU), wire harnees, rotor sensor, hydrolic unit dan calliper,” jelas M Abidin.

Advertisement

Berdasarkan siaran pers yang dikutip Solopos.com dari TMCBlog, secara tampilan luar, perbedaan pada sepeda motor Yamaha R25 ABS terdapat pada discbrake roda depan dan belakang. Pada bagian itu terpasang rotor sensor ABS untuk mencegah roda terkunci untuk mencegah selip. Fitur itu dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang menyukai penggunaan rem ABS.

“Yamaha R25 ABS ini kami harapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen di tengah maraknya penggunaan motor sport di Indonesia saat ini,” ujar Asisten GM Marketing YIMM, Mohammad Masykur.

Mengubah R25 Standar Menjadi ABS
Masykur juga menjelaskan, bagi para biker yang memiliki Yamaha R25 non-ABS, mereka juga dapat memasang fitur ABS pada kendaraannya. Namun, ia menegaskan hal tersebut tidak direkomendasikan oleh YIMM.

Advertisement

Selain karena rumitnya mengubah berbagai setingan termasuk memasang pelek dan cakram baru, harganya pun akan lebih mahal dari Rp6 juta. Kendati demikian, Masykur menuturkan Yamaha Indonesia sepertinya akan mempertimbangkan untuk menjual fitur ABS untuk R25 secara terpisah.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya,  sepeda motor Yamaha R25 ABS dibekali mesin DOHC dua silinder berkapasitas 249 cc dengan transmisi manual 6 percepatan. Dengan tenagamencapai 35,28 hp dan torsi puncak sebesar 22,6 Nm, motor itu mampu melaju hingga kecepatan 173 km/jam.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif