Soloraya
Selasa, 3 Maret 2015 - 18:55 WIB

INFRASTRUKTUR SOLO : 5 Underpass Dibatalkan, Pemkot Usulkan Flyover

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi perlintasan kereta api (KA) di Purwosari Solo. (JIBI/Solopos/Dok)

Infrastruktur Solo terkait rencana pembangunan underpass akan diganti dengan flover.

Solopos.com, SOLO – Rencana pembangunan lima underpass di perlintasan kereta api (KA) di Kota Solo batal direalisasikan.

Advertisement

Sebagai gantinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan mengusulkan pembangunan flyover atau jalan layang ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Lima perlintasan KA yang rencananya dibangun fly over di antaranya perlintasan Purwosari, Badran atau Hotel Agas Manahan, Pasar Nongko atau Pasar Turisari, Pasar Ledoksari, dan Palang Joglo.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (3/3/2015), mengatakan akan mengajukan usulan pembangunan flyover ke dua kementerian sekaligus, yakni Kementerian PU dan Kemenhub.

Advertisement

Rudy mengatakan ada beberapa pertimbangan ihwal perubahan rencana pembangunan underpass menjadi flyover. Selain mempertimbangkan anggaran, pertimbangan lainnya terkait persoalan dampak yang ditimbulkan dalam pembangunan tersebut.

“Perbandingan dana itu, 1:2. Artinya satu underpass bisa untuk dua flyover. Jadi flyover lebih murah dibandingkan underpass. Dampak kalau flyover tidak besar. Beda kalau underpass bisa banjir seperti underpass Makamhaji,” ujar dia.

Selain itu, Rudy menyampaikan adanya penolakan warga dalam rencana pembangunan underpass. Penolakan ini pula menjadi dasar Pemkot untuk membatalkan rencana pembangunan underpass.

Advertisement

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Yosca Herman Soedrajad, sebelumnya mengungkapkan volume kendaraan di Kota Solo mengalami peningkatan hingga 20%. Akibatnya terjadi kepadatan lalu lintas di sejumlah lokasi.

Menurutnya, upaya efektif mengurai kemacetan lalu lintas dengan membangun underpass maupun flyover.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif